Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat



Kita tahu bahwa internet di Indonesia adalah salah satu koneksi internet terlambat di dunia, tetapi saya tidak percaya tuh sekarang banyak provider yang menawarkan koneksi internet kencang seperti Indihome, MyRepublic, dll mereka menyediakan koneksi internet dengan kabel optik sehingga menawarkan kecepatan sampai 300Mbps untuk yang tanpa kabel ada Telkomsel, XL, Indosat, dll yang menggunakan koneksi 4G.

Saya tidak akan membahas provider internet diatas, tetapi apakah pernah sobat saat mendownload suatu file tetapi koneksinya leletnya minta ampun, padahal kita sudah berlangganan internet dengan kecepatan 50Mbps(5MB/s), jangan buru-buru protes dengan providernya karena sebenarnya masalahnya bukan hanya timbul dari pihak provider tetapi dari server tempat penyimpanan file yang kita download. Untuk mengatasinya kita bisa mengalihkan server downloadnya.



Trik ini akan sangat bermanfaat untuk download file yang sangat besar dalam ukuran GB, untuk mengalihkan servernya kita tidak perlu mendownloadnya sampai selesai lalu mengupload filenya karena kalau sudah selesai di download untuk apa dialihkan lagi Hehehe. Untuk ukuran file yang masih bisa ditoleransi diharapkan gunakan trik bersabar.
  1. Pertama-tama sobat harus membaca dulu artikel File Hosting Terbaik, disana ada hosting yang saya rekomendasikan untuk menggunakan trik ini, dan sebenarnya artikel ini saya buat untuk lebih menjelaskannya secara tuntas.

  2. Setelah memilih salah satu hosting, sekarang kita harus mengetahui link download yang akan kita alihkan dengan cara mendownload file tersebut lalu di stop/pause, seperti gambar dibawah ini.

  3. Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

  4. Pada gambar di atas saya menggunakan google chrome untuk mendownload filenya, setelah itu copy URL file yang ingin dialihkan servernya, dengan cara klik kanan pada URL >> salin tautan/copy link address.

    Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

  5. Hosting yang saya gunakan di artikel ini adalah indoshare.com, silahkan daftar/login terlebih dahulu. Setelah masuk di beranda account klik Upload bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

  6. Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

  7. Setelah tombol upload di klik, selanjutnya pilih Remote Url Upload dan paste/tempelkan URL file yang kita salin/copy tadi, lalu klik Tranfers Files.

    Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

  8. Proses pengalihan akan berjalan silahkan ditunggu sampai selesai, sedikit penjelasannya server indoshare sebenarnya sama saja mendownload file dari server sebelumnya hanya saja alur datanya antara server ke server bukan server ke komputer. Pertanyaannya kalau sama-sama men-download berarti kecepatannya sama lambatnya donk? seperti mendowload dari server ke komputer, berarti nambahin kerjaan aja nih?. Hehehe ada benarnya juga tetapi kita jawab nanti setelah paragraph ini. 

    Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

  9. Jika prosesnya sudah selesai maka filenya akan tampil diberanda akun kita.

    Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

  10. Kalau di klik kita akan diarahkan ke jendela baru dan bisa langsung mendownloadnya dengan menklik tombol download.

  11. Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat

Semua proses telah dilaksanakan yang berarti kita berhasil mengalihkan file yang hendak kita download ke server yang baru, tujuan dari semua proses diatas untuk memaksimalkan kecepatan download yang dijanjikan oleh provider langganan kita, dengan begitu waktu download akan lebih singkat.

Menjawab pertanyaan sebelumnya ??kecepatan download komputer ke server dan server ke server bisa saja berbeda. dari pengalaman saya server cenderung lebih cepat dalam mendownload filenya dari pada komputer kita yang disebabkan banyak faktor, faktor yang menurut saya mungkin adalah karena jarak servernya jauh atau pembatasan bandwidth oleh provider untuk server tertentu.

Jadi pernyataan saya diawal yang "jangan buru-buru protes kepada providernya" tidak 100% benar, tetapi daripada menunggu tanggapan dari providernya yang kemungkinan lambat, lebih baik memakai cara yang ada di artikel ini.

Kalau masih terasa lambat saat mendownload, jangan kesal dulu karena ada faktor lagi yang membuat download menjadi lambat yaitu multikoneksi, biasanya file hosting yang bertebaran di internet ada yang menyediakan multikoneksi download dan ada yang single koneksi download.

Saya pernah menemui file hosting yang hanya membolehkan satu koneksi untuk download tetapi kecepatannya mencapai 600-800KB/s, sedangkan untuk file hosting yang membolehkan multikoneksi download saya hanya pernah mencapai kecepatan 200KB/s itu untuk singlekoneksi-nya tetapi kalau sudah memakai multi koneksi bisa mencapai 1.2MB/s, kecepatan itu mungkin bisa lebih tinggi lagi berhubung kecepatan internet saya hanya 10Mbps(1-1.2Mb/s).

Cara Praktis Mengatasi Download yang Lambat
Multikoneksi membuat download semakin cepat
File Hosting yang digunakan untuk server baru tidak harus memakai indoshares.com, yang terpenting di setiap hosting yang kita pilih sebagai server baru harus ada yang namanya fitur Remote Url Upload untuk mendownload file dari server sebelumnya. Bagaimanapun tetap saya sarankan menggunakan indoshares.com karena server yang dimilikinya terbilang stabil dalam hal kecepatan.

Sedikit catatan bahwa ada beberapa URL download yang tidak bisa di Remote Url Upload, jadi untuk solusinya hanya ada satu yaitu download langsung ke komputer walaupun koneksinya lambat.

Kesimpulan
Dari pembahasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa untuk mencapai kecepatan maksimal saat download file kita harus menggunakan fitur multikoneksi download, yang mana fitur tersebut tidak terdapat pada kebanyakan browser internet yang kita pakai, oleh sebab itu dibutuhkan aplikasi pihak ketiga, contohnya adalah Xtreme Download Manager.

Jadi untuk mengetahui perlu tidaknya melakukan pengalihan server adalah selalu gunakan multikoneksi saat mendownload, jika tetap lambat maka langkah-langkah diatas baru diterapkan.

Cukup sekian pembahasan tentang cara mengatasi download yang yang lambat, kalau sobat rasa artikel ini bermanfaat bisa dibagikan ke sobatsobat yang lain, bye....

2 komentar:

  1. Masa di Indoshare cepat dan stabil? Ini jam 3 pagi saya download di Indoshare, dan file yang saya download memang di-hosting di Indoshare, kecepatan cuma 30KB/s, padahal kalo di Google Drive bisa 1.250KB/s

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin penggunanya semakin banyak, postingan ini ditulis juni 2016. Solusinya tinggal ganti server hosting kelain aja

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.