Pengenalan Java : Tutorial Greenfoot

Minggu, 19 Juni 2016

Pengenalan Java : Tutorial Greenfoot

Haloo sobat programmer, saya sekarang akan menulis artikel tentang bahasa pemograman java, kebetulan diawal mempelajari mata kuliah java saya terlebih dahulu diperkenalkan dengan Greenfoot. Apa itu Greenfoot? Greenfoot menurut pengertian saya adalah simulasi untuk memudahkan programmer menganalisa jalannya suatu program, karena didalam Greenfoot kita akan melihat jalannya source code yang kita buat dengan melihat visualisainya berupa game.

Untuk yang siswa/mahasiswa yang mempunyai mata kuliah pemograman java mungkin sangat membutuhkannya karena untuk memudahkan konsep pemograman java biasanya dosen menerangkannya dengan IDE Greenfoot ini, kalau sudah paham dengan konsepnya maka akan mudah menggunakan IDE yang lebih rumit semisal Netbeans atau Eclipse. Bisa dibilang greenfoot adalah IDE yang dikhususkan untuk membuat suatu game sederhana, dengan tampilan visualisasi game tersebut diharapkan bisa memahami konsep umum java dengan mudah.

Pengenalan Java : Tutorial Greenfoot

Greenfoot juga sudah menyediakan objek-objek gambar yang sangat banyak kita tinggal drag dan drop saja, drag dan drop, gampang berarti? jangan senang dulu karena untuk membuat suatu game yang di inginkan, harus mengetikkan source codenya bisa dibilang sama saja dengan pemograman pada umumnya, walaupun source codenya sedikit berbeda dengan source code java pada umumnya. Jadi, kalau baru pertama kali menggunakan Greenfoot silahkan baca dulu materinya.


Diakhir artikel ini saya sudah menyediakan link download materi dan aplikasi IDE-nya, untuk IDE-nya sudah support Mac, Windows, dan Linux. didalam materinya saya sudah sediakan contoh-contoh game yang selesai dibuat menggunakan IDE Greenfoot, karena kemungkinan tugas dari dosennya adalah membuat sebuah game jadi bisa menggunakan contoh-contohnya sebagai referensi. Sekian artikel ini saya buat semoga bermanfaat, terima kasih.


1 komentar:

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.