OpenShot : Aplikasi Video Editor Gratis

OpenShot : Aplikasi Video Editor Gratis

Sudah 2 kali dalam 24jam tidak masuk kuliah gara-garanya ketiduran terus, tidurnya tanggung lagi bangunnya 15 menit setelah jam masuk kuliah, kalau terlambatkan jadi ga enak sama dosen. Sudah itu aja curhatannya, sudah lama nih tidak update blog gara-gara banyak tugas, di artikel ini bermula ketika saya membuat video wawancara bahasa inggris dan teman saya ketawa terus ketika diwawancarai, sebenarnya saya juga sih hehehe.

Setelah itu kami putuskan untuk mengambil videonya dipotong-potong saja nanti di edit untuk menggabungnya, bingungkan saya tidak punya aplikasi edit video, sebenarnya mudah saja mendownload aplikasi edit video karena sudah Pasang Indihome di Kos, tetapi kan kebanyakan hanya support sistem operasi windows, kalau linux jarang.

walaupun begitu saya tetap mencarinya di software manager linux, yang pertama itu pakai  kdenlive, Wow fiturnya lengkap banget, tapi sayangnya susah untuk dipelajari, cari lagi deh, lalu dapatlah openshot, setelah lihat beberapa tutorial-tutorialnya di youtube, saya langsung bisa menggunakannya, user interfacenya sangat mudah dan fiturnya standarlah untuk edit-edit video namanya juga gratis. Fitur-Fitur nya seperti transition, effect, dan Title. Untuk mengedit title bisa menggunakan inkscape dan blender, hebat banget kan editor videonya.

Pada akhirnya edit video wawancara saya berhasil berkat aplikasi edit video openshot ini, untuk hasil videonya terlihat patah pada saat transisi/sambungan video, ini menurut saya bukan salah aplikasi editornya tapi karena yang buat rekaman video masih amatiran.

Openshot video editor juga tersedia di Windows dan Mac, diartikel ini saya merekomendasikannya hanya untuk linux karena sistem operasi lain mungkin banyak aplikasi edit video gratis alternatif lainnya yang tentunya lebih bagus dari Openshot. Mungkin cukup sekian dulu artikel ini karena sudah sekitar 3 hari saya menulisnya, kemungkinan itu karena saya lagi bosan menulis hehehe. Sepertinya harus semangatin diri sendiri dulu nih, sampai jumpa di artikel lainnya.

2 komentar:

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.