Cara Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

Saat menggunakan earphone atau headset terkadang kita menemukan dimana headset kita suaranya besar sebelah, apakah ini memang fitur dari sananya atau memang rusak saya pun tidak tahu, karena hampir sering menemui masalah ini di headset yang pernah saya pakai.

Jika sobat memiliki headset mahal diatas 100 ribuan boleh nih di share pengalamannya apakah pernah mengalami masalah serupa, soalnya saya hanya pernah pakai headset diharga 100 ribuan yang cukup sering mengalami permasalahan suara headset kecil sebelah. 

Kebetulan masalah headset yang suaranya besar sebelah ini saya alami lagi beberapa waktu lalu, karena headset merupakan peralatan yang cukup sering saya gunakan, maka saya cepat-cepat cari solusinya, solusi termudah adalah membeli headset baru dan solusi yang lain adalah artikel ini. 

Karena Ide menulis artikel ini muncul setelah saya mencari solusinya di internet, dan ternyata setelah saya terapkan solusinya cukup efektif untuk menyeimbangkan suara headset. 

Pada artikel ini akan membahas solusinya di 3 sistem operasi yaitu android, windows, dan linux, lalu sebagai catatan sebelum mengikuti tutorial silahkan sobat putar terlebih dahulu suara stereo apapun melalui headset, supaya langsung bisa dirasakan perubahannya saat mengikuti tutorial, dan lebih enak dalam menyesuaikan pengaturannya.

Langsung saja di bawah ini adalah solusi Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah di 3 sistem operasi berbeda.

Perbaiki Suara Headset Kecil Sebelah di Android

  1. Pada android sobat hanya perlu pergi ke setting lalu cari menu keseimbangan audio dengan fitur pencarian yang tersedia, klik menu tersebut. 

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

  2. Lalu akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini, pergi ke menu pendengaran dan silahkan geser-geser pada keseimbangan audio untuk menyesuaikannya dengan suara yang dikeluarkan headset sobat.



    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah
Tampilan android diatas hanya contoh dari smartphone saya sendiri, mungkin bisa berbeda di smartphone sobat, jadi silahkan disesuaikan saja ya.

Perbaiki Suara Headset Kecil Sebelah di Windows

  1. Untuk di windows 10 sobat bisa klik icon speaker di kanan bawah, akan muncul menu Sounds, silahkan klik menu tersebut.

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

  2. Akan muncul jendela baru seperti gambar dibawah ini, silahkan sobat pilih perangkat sound yang ingin di seimbangkan, lalu klik tombol Properties.

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

  3. Setelah muncul jendela baru lagi klik tab menu level, lalu klik balance.

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

  4. Setelah klik balance maka akan muncul settingan keseimbangan audio antara speaker kiri dan kanan, silahkan sesuaikan pengaturannya dengan kebutuhan sobat.

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

Perbaiki Suara Headset Kecil Sebelah di Linux

  1. Terakhir adalah solusi untuk sistem operasi linux, saya tidak yakin sobat baca bagian ini, karena linux saya rasa masih kurang populer di indonesia (khususnya untuk orang awam). Tapi tak apalah, saya akan tetap bahas solusi suara earphone headset kecil untuk linux dibawah ini.

    Sama seperti windows silahkan cari menu sound dengan menggunakan fitur pencarian menu di linux, klik menu tersebut.

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

  2. Lalu akan terbuka jendela baru seperti gambar dibawah ini, silahkan sobat pilih perangkat headphones/headset yang digunakan, lalu atur pada bagian balance untuk menyesuaikan speaker kiri dan kanan sesuai kebutuhan.

    Mengatasi Suara Earphone Headset Kecil Sebelah

Catatan yang sama seperti android, karena linux mempunyai banyak jenis dan tampilannya beda-beda jadi silahkan sobat sesuaikan sendiri ya, dan jika solusi untuk linux maupun android tidak cocok untuk perangkat sobat silahkan cari tutorial lain di internet atau bisa berkomentar mungkin saya atau pembaca yang lain bisa membantu. 

Selesai sudah tutorial ini saya tulis, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian mohon maaf jika ada kekurangan, Terima kasih


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.