Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube Orang Lain

Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube Orang Lain

Saat mengupload video youtube maka akan ada banyak formulir yang harus di isikan dan salah satu isian formulirnya adalah pilihan kategori, kategori yang bisa dipilih adalah sebagai berikut (yang bisa saja berubah kedepannya).

  1. Film & Animasi (Film & Animation)
  2. Mobil & Kendaraan (Autos & Vehicles)
  3. Musik (Music)
  4. Hewan & Peliharaan (Pets & Animals)
  5. Olahraga (Sports)
  6. Perjalanan & Acara (Travel & Events)
  7. Game (Gaming)
  8. Blog & Orang (People & Blogs)
  9. Komedi (Comedy)
  10. Hiburan (Entertainment)
  11. Berita & Politik (News & Politics)
  12. Cara & Gaya (How to & Style)
  13. Pendidikan (Education)
  14. Sains & Teknologi (Science & Technology)
  15. Nonprofit & Aktivisme (Nonprofits & Activism)

Saya kira manfaat kategori adalah agar video sobat mudah direkomendasikan youtube saat pengguna sering menonton kategori yang sama, misalnya ada pengguna yang menonton video di kategori olahraga dari channel yang sudah terkenal, dan jika salah satu video sobat berkategori olahraga juga maka akan berpeluang besar tampil bersebelahan dengan video channel terkenal tersebut.

Walau begitu pastinya youtube bukan hanya memilih video rekomendasi dari kategori yang sama saja ya, karena algoritma rekomendasi youtube sangatlah rumit yang hanya pembuatnya dan tuhan yang tahu. 

Saat memilih kategori video youtube mungkin ada beberapa sobat yang masih kebingungan, terlebih  lagi untuk youtuber pemula. Mungkin Pengennya sobat mau lihat video orang lain yang judulnya sejenis lalu ikutin juga kategorinya, tapi keinginan itu hampir sirna karena youtube sekarang tidak sama sekali menampilkan kategori video dihalaman pemutaran videonya (entah apa alasannya ?) 

Untuk itu di artikel ini saya ingin berbagi solusinya yaitu bagaimana mengetahui kategori video dari video orang lain dengan cara yang tidak biasa. Langsung saja mari kita bahas langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Buka video youtube yang ingin dilihat kategorinya, lalu klik kanan mouse sampai muncul menu View page source, silahkan sobat klik menu tersebut.

    Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube Orang Lain

  2. Lalu tekan keyboard CTRL + F, ini akan memunculkan fitur pencarian text di browser, cari text "category" maka hasilnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.

    Dari hasil pencarian, kita dapatkan bahwa kategori video ini adalah Education / Pendidikan.

    Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube Orang Lain
  3. Untuk android caranya hampir sama, kunjungi video youtube.yang ingin dilihat kategorinya.

    Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube Orang Lain

  4. Tambahkan view-source: pada bagian depan urlnya dan tekan ok/enter, maka halaman browser akan menampilkan kode sumber halaman websitenya. Klik titik 3 di pojok kanan atas dan temukan menu temukan dihalaman / find in page.

    Cari text "category" dan akhirnya ketemu deh kategori youtube yang dicari.

    Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube Orang Lain
Mulai sekarang sobat tidak perlu tebak-tebakan lagi saat ingin memilih kategori youtube, cukup cari video youtube dengan judul sejenis dan lihat saja apa kategori yang mereka gunakan, Cukup sekian artikel dari saya semoga bermanfaat untuk youtuber yang membuat konten yang bermanfaat. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.