5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

Menginstall aplikasi di windows pertama kali saya lakukan sekitar SMP kelas 1, tepatnya bukan aplikasi sih tapi game ringan yang ukurannya 50MB. Saat itu saya benar-benar buta dengan komputer dimana yang saya tau install itu ya cuman klik icon aplikasinya lalu tinggal klik next-next saja.

Dari sejak saat itu entah berapa aplikasi yang sudah saya install di komputer hingga saat ini, dari install yang gampang dan yang sedikit susah. Pengalaman itulah yang membuat bisa membagikan artikel cara uninstall aplikasi di windows 10 ini, karena dari sekian banyak aplikasi yang saya install harus di uninstall lagi karena alasan aplikasi yang mengganggu, menggunakan memori banyak, atau memang sudah tidak digunakan.

Saya rencananya hanya menulis untuk cara uninstall aplikasi dan tidak untuk cara installnya, alasannya  cara uninstall di windows 10 hampir sama untuk semua aplikasi, sedangkan untuk install caranya mungkin berbeda selain hanya pencet next-next kadang ada aplikasi yang membutuhkan konfigurasi khusus , sehingga sebaiknya ditulis diartikel terpisah. 

Kalau sobat mau tau cara install aplikasi tertentu, bisa dicari di internet dengan kata kunci "cara install aplikasi abcd", dengan cara itu menurut pengalaman saya langsung ketemu artikel atau video yang membahasnya, dengan catatan aplikasi yang sobat cari cukup terkenal ya.

Sekarang pertanyaannya, kenapa sih aplikasi harus di uninstall ? setidaknya selama ini saya mempunyai 3 alasan untuk itu yang sebenarnya sudah disebutkan sebelumnya, yaitu : aplikasi sudah tidak diperlukan, membersihkan ruang penyimpanan memori atau ram, aplikasi terlalu mengganggu seperti hadirnya iklan yang selalu muncul, dan yang paling parah aplikasi yang di install ternyata virus komputer.

Dibawah ini saya akan membagikan 5 cara uninstall aplikasi di windows 10, silahkan sobat pilih sendiri cara mana yang cocok dan gampang, saya disini mencoba menjelaskannya saja.

1 Menggunakan Cpanel Windows

  1. Cara pertama adalah cara lama, yang bisa juga di gunakan di Windows 7, windows 8 ataupun windows XP karena caranya kurang lebih sama. yang perlu sobat lakukan adalah cari menu control panel, lalu klik dan buka menu tersebut.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

  2. Setelah itu buka menu program pada halaman Control panel nya

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10
  3. Dan setelah pindah halaman, klik lagi menu Program dan Features

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

  4. Selesai deh disini sobat langsung melihat daftar aplikasi yang terinstall di komputer, silahkan pilih salah satu untuk mulai menjalankan proses uninstall, cara pertama bisa klik salah satu nama aplikasi dilanjutkan dengan klik tombol uninstall dibagian atas, atau cara kedua dengan klik kanan di salah satu nama aplikasi dan klik uninstall.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

2 Menggunakan Start Menu Windows

Cara ini adalah alternatif jalan pintas dari cara uninstall sebelumnya, yaitu menggunakan start menu windows yang saya ketahui hanya tersedia di windows 10.

  1. Pertama sobat cari aplikasi yang akan diuninstall, dan klik kanan pada aplikasi tersebut, lalu klik uninstall.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

  2. Setelah itu akan muncul halaman daftar aplikasi yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Cukup mudahkan hanya dengan 2 klik saja sudah bisa membuka halaman uninstallnya tidak seperti cara sebelumnya.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10
Seperti artikel lain yang saya tulis, saya selalu memulai dari solusi yang susah baru termudah. Selain lebih melengkapi isi artikel, mungkin juga membuat sobat lebih merasakan manfaatnya karena bisa membandingkan dari banyak solusi yang berbeda.

3 Menggunakan Apps and Features Windows Settings

Selanjutnya adalah cara yang cukup baru yang hanya bisa digunakan di windows 10, yaitu melalui windows setting. Windows setting sebenarnya kegunaannya mirip dengan control panel atau mungkin fitur yang akan menggantikan control panel, tapi entah alasannya apa menu control panel windows lama masih ada saja sampai pada windows 10 saat ini.

  1. Pada windows setting anda hanya perlu mencari Apps and features, bisa secara manual ataupun menggunakan pencarian menu, dibawah ini saya contohkan yang menggunakan pencarian menu.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

  2. Setelah klik menu Apps and features akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, sobat tinggal cari saja aplikasi yang ingin diuninstall, sangat mudah mencarinya karena juga tersedia fitur pencarian.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10
  3. Setelah ketemu klik aplikasinya dan klik tombol uninstall, biasanya akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, tinggal klik Yes saja. Namun alangkah lebih baik jika sobat mengerti bahasa inggris agar tidak terjadi kesalahan teknis yang tidak di sengaja.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

4 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Uninstall menggunakan aplikasi pihak ketiga merupakan hal yang paling jarang saya tempuh, selain repot download aplikasi dan harus install dulu saya belum bisa merasakan manfaat lebihnya dibanding menggunakan fitur bawaan windows.

Untuk membuat artikel ini saya pun mencoba install salah satu aplikasi uninstaller yaitu IObit Uninstaller, dan setelah di install tampilan awalnya seperti gambar dibawah ini. Sekilas yang saya lihat dari tampilan dibawah ini, salah satu manfaat yang didapat dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah bisa uninstall banyak aplikasi sekaligus, saya belum mengetahui fitur yang lain karena belum terbiasa.

5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

Jadi bagi sobat yang penasaran dengan kelebihan fitur yang di dapat oleh aplikasi uninstaller pihak ketiga ini silahkan coba sendiri secara langsung. Selain IObit uninstaller sobat juga bisa mencoba aplikasi uninstaller lain sepert CCleaner, Revo Uninstaller, dan aplikasi lainnya yang belum saya ketahui.

5 Melalui Task Manager

Task manager adalah salah satu aplikasi bawaan windows yang membantu kita mengawasi kinerja atau sekedar melihat spesifikasi komputer, berdasarkan pengalaman saya jika komputer lemot atau internet lemot, pertama yang saya buka adalah task manager.
 
Setelah aplikasi task manager terbuka, tinggal dilihat deh, apakah ada aplikasi yang menguras kinerja CPU, menghabiskan memory, atau mengambil bandwidth internet yang banyak ?. Dari sini kita bisa tau aplikasi mana yang jadi tersangka penyebab komputer atau internet yang lemot, biasanya kalau sudah ketemu aplikasi tersangkanya saya akan matikan aplikasinya dengan cara klik kanan > end task (jika aplikasinya masih berguna).

Namun pada kasus yang lumayan parah terkadang aplikasi tersangka yang ditemui adalah aplikasi yang tidak dikenal (seperti nama yang acak) atau aplikasi virus yang tidak sengaja diinstall, untuk menguninstall atau menghapusnya sobat bisa ikuti langkah dibawah ini.
  1. Pertama klik kanan pada aplikasi yang dicurigai lalu klik open file location.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10

  2. Selanjutnya akan terbuka folder dimana aplikasi di install, biasanya nama asli aplikasinya bisa dilihat disini (dengan melihat nama foldernya). Selanjutnya tinggal keputusan sobat mau uninstall atau membiarkannya.

    Jika sobat mau uninstall bisa melalui 4 cara diatas (kan sudah tau nama aplikasi tersangkanya), atau langsung saja difolder tersebut dengan mencari file yang bernama uninstaller, unin, atau yang lain yang namanya mirip, lalu jalankan dan uninstall. 

    Jika sobat tidak menemukan file uninstaller nya silahkan gunakan saja 4 cara lainnnya diatas, karena saya rasa lebih mudah. Namun jika aplikasi yang terinstall ternyata virus, biasanya tidak bisa diuninstall dengan berbagai metode diatas, silahkan hapus saja filenya, lalu download aplikasi antivirus untuk memastikan komputer sobat benar-benar bersih.

    5 Cara Efektif Uninstall (Hapus) Aplikasi di Windows 10
Sekarang apakah sobat sudah berhasil uninstall aplikasi windowsnya sendiri ?, jika ya berarti selamat ya! saya jadi ikut bahagia karena artikel ini bisa bermanfaat. Jika belum berhasil dan ada kesulitan silahkan berkomentar dibawah mungkin saya bisa bantu, dan jika sobat berkenan silahkan share artikel ini kepada orang yang membutuhkan. Terima kasih, sampai bertemu diartikel lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.