Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

Didunia internet yang sudah menjamur sekarang ini, orang-orang cenderung ingin berbagi apapun yang bisa dibagikan secara digital, misalnya link download file, artikel yang pernah dibaca, dan lainnya. Salah satu cara paling mudah untuk membagikan semua itu adalah dengan membagikan link url nya saja, contohnya jika sobat tertarik membagikan salah satu link artikel saya, maka sobat bisa bagikan link berikut ini ke media sosial.


Namun jika kita bagikan link url diatas, menurut saya akan sedikit mengganggu pembaca yang melihat postingan kita, dan mungkin pesan yang kita sampaikan bersama link url akan tenggelam dan tidak terbaca karena ketutupan link yang panjang tersebut. Itu masih mending sih karena urlnya masih bisa dibaca, karena kadang saya menemukan url yang panjang + acak.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat solusi yang cukup mudah dilakukan, yaitu dengan  memperpendek url dengan bantuan website pihak ketiga salah satunya seperti bitly, cara kerja bitly adalah dengan membuat url/link yang sudah diperpendek diwebsitenya lalu jika ada yang mengklik link bitly tersebut, dengan cepat bitly mengalihkan ke url yang sebenarnya.

Saya sangat suka dengan bitly karena merupakan platform perpendek link url gratis dan tanpa iklan, selain itu karena sudah terkenal dari dulu kita bebas membagikannya ke media sosial atau forum online lainnya, tanpa takut link url yang kita bagikan dianggap sebagai spam yang akhirnya tidak bisa di posting.

Tak usah berlama-lama dibawah ini saya akan menjelaskan bagaimana memperpendek link url dengan bitly, sangat simpel caranya, bahkan jika sobat mau coba-coba sendiri tanpa melihat tutorial pun juga bisa. Ada 2 cara untuk membuat link di bitly yaitu tanpa mendaftar dan mendaftar terlebih dahulu, cara tanpa daftar lebih cepat tanpa perlu login tetapi efek sampingnya fitur yang disediakan bitly tidak dapat digunakan secara maksimal.
  1. Pertama silahkan sobat kunjungi https://bitly.com, cara tanpa daftar bisa sobat lakukan langsung disini tempelkan saja link urlnya ke isian yang ditunjuk panah pada gambar dibawah ini, dan secara otomatis link url pun berhasil diubah ke link url bitly.

    Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

  2. Untuk cara yang daftar terlebih dahulu silahkan klik kunjungi halaman login, supaya mempermudah saya rekomendasikan sobat login dengan akun google saja, lagipula 90% saya yakin sobat mempunyai akun google.

    Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

  3. Setelah login sobat akan disuguhkan dengan tampilan dibawah ini (mungkin akan beda di masa datang), setelah itu klik tombol create di kanan atas dan tempelkan url yamg ingin diperpendek atau diubah ke link url bitly, tinggal di salin dan dibagikan deh link urlnya.

    Keunggulan dari cara yang daftar dulu adalah link url yang kita buat akan terekam selamanya diakun kita, terdapat data trafik kunjungan klik kelink url kita, dan banyak opsi untuk pengeditan yang tidak bisa saya jelaskan semuanya disini.

    Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

  4. Itulah 2 cara mengubah atau memperpendek link url menjadi bitly, selanjutnya saya akan menjelaskan 1 fitur pengeditan url yang hanya bisa didapat jika kita mendaftar akun di bitly, yaitu fitur custom url.

    Fitur ini akan membuat link url yang kita bagikan tidak acak seperti https://bit.ly/3piL4gU melainkan bisa menjadi https://bit.ly/webaik123, dengan hal ini tentu saja link url yang dibagikan menjadi mudah di ingat dan dibaca.

    Cara menggunakan fitur ini adalah, pastikan sobat buat  dulu urlnya seperti cara diatas, lalu pilih link url yang telah dibuat tersebut pada panel bagian kiri, lalu klik tombol edit, yang terakhir ubah deh link urlnya sesuai keinginan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

    Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

  5. Pada gambar diatas terdapat error karena bit.ly/webaik sudah digunakan oleh orang lain yang juga menggunakan fitur ini, jadi terpaksa deh saya ganti menjadi bit.ly/webaik123 seperti yang terlihat pada gambar dibawah, dan pengeditan link url bitly pun berhasil.

    Cara Memperpendek Url Link yang Panjang dengan Bit.ly

Itulah penjelasan cara memperpendek link url dengan bitly dan sedikit fiturnya, masih banyak fitur gratis yang belum saya explore disini jadi silahkan sobat mencoba-cobanya sendiri ya. Jika sobat ingin mendapatkan fitur lebih lagi maka silahkan upgrade ke pro, fitur pro yang menarik antara lain, custom domain, qr code, redirect link url tujuan(ganti link url), dan masih banyak lagi.

Cukup sekian artikel ini saya tulis jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan jika ada hal yang ditanyakan silahkan berkomentar dibawah, sampai jumpa diartikel lainnya. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.