Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

Pernah lupa password saat mau login di situs atau aplikasi android, sebelum klik tombol lupa password atau mereset password baru, sobat bisa coba untuk melihat password di akun google sobat masing-masing, mungkin saja username dan passwordnya tersimpan disana.

Apakah sobat pernah lihat saat mengunjungi halaman login, password terisi otomatis ? Mungkin itulah fitur penyimpanan password yang saya maksud, dengan fitur ini google dapat membantu kita agar tidak perlu repot-repot untuk mengisi isian username / email atau password saat ingin login, google akan mengisikannya secara otomatis untuk sobat.

Fitur ini berawal saat sobat mulai login ke suatu website atau aplikasi, akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini, sobat bisa klik save untuk menyimpan akun dan passwordnya ke akun google sobat.

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

Fitur tersebut saya sudah coba di chrome walaupun hasilnya kadang bisa jalan dan tidak, saya tidak tau pasti yang menyebabkan hal tersebut, tetapi memang benar, terkadang dalam beberapa kasus di aplikasi atau situs tertentu menyimpan username dan password ini tidak bekerja, saya menyadarinya karena saya banyak daftar dan login kebanyak website dan nyatanya setelah cek di akun google username dan passwordnya tidak tersimpan alias tidak ada.


Sebagai catatan, bagi sobat yang lupa password akun google cara ini tidak cocok ya silahkan klik tombol lupa password saja di bawah isiannya, karena untuk mengikuti tutorial ini sobat membutuhkan password akun google juga. 

Lagipula salah satu username dan password yang tidak bisa di simpan dan di isi otomatis di akun google adalah email dan password dari akun google itu sendiri, ya iyalah kan, ke enakan kalau ada orang yang coba bobol jika passwordnya di isi otomatis, orang lain bisa dengan mudah mendapatkan semua akun kita yang terdaftar di internet.

Setelah sobat sudah memastikan bahwa berkunjung di tutorial yang tepat, sekarang kita akan langsung ke inti tutorialnya.  Oh ya walaupun screenshootnya di android, tutorial ini sebenarnya juga bisa sobat terapkan saat menggunakan komputer laptop ya, karena kurang lebih tampilannya mirip - mirip hanya beda posisi dan ukuran saja. 



Walaupun dari penjelasan diatas masih terdapat masalah password tidak tersimpan, tidak ada salahnya sobat cek dulu di akun googlenya, mungkin saja ada, jika ada kan lumayan, paling tidak sobat tidak perlu mengubah password baru lagi, yang mungkin saja akan kelupaan lagi. Berikut ini saya akan membahas langkah-langkah melihat password yang tersimpan  di akun google.
  1. Silahkan buka browser internet sobat masing-masing, kunjungi link google.com dan pastikan akun google sudah login (ditandai dengan terdapat foto di pojok kanan atas seperti gambar dibawah), saya sendiri merekomendasikan sobat menggunakan chrome karena biasanya bisa login akun google otomatis. 

    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

  2. Lalu klik menu kotak-kotak di pojok kanan atas, dan pilih gambar / akun kita, contohnya seperti gambar dibawah ini 

    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

  3. Maka google akan memuat halaman seperti dibawah ini, lalu pilih menu keamanan, sobat bisa menemukannya dengan menscroll tab diatas ke samping kanan (jika menggunakan android), setelah berada di tab keamanan, scroll lagi ke paling bawah dan temukan pengelola sandi, silahkan sobat klik menu tersebut.

    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

  4. Google akan menampilkan daftar situs atau aplikasi yang username dan passwordnya sudah tersimpan di akun google kita, silahkan pilih salah satu aplikasi yang akan dilihat passwordnya.

    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

  5. Selanjutnya google meminta verifikasi akun apakah yang meminta melihat password itu benar-benar pemiliknya, biasanya google akan meminta password akun google kita untuk menverifikasinya, jadi jangan sampai lupa ya.



    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

  6. Tetapi karena saya menggunakan keamanan pin dan sidik jari di smartphone, maka google cukup memudahkan dengan melakukan verifikasi dengan sidik jari saja.

    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

  7. Setelah verifikasi berhasil maka google akan membuka informasi tentang akun paypal yang sudah dipilih sebelumnya, sobat bisa mengklik tombol mata yang di tunjuk panah merah untuk melihat passwordnya.

    Cara Melihat Password yang Tersimpan di Akun Google Kita

Mudah bukan cara mengetahui password akun - akun kita yang berada di internet, semoga dengan cara ini sobat tidak perlu lagi susah-susah reset password lagi, dan bagi sobat yang tidak menemukan passwordnya di pengelola sandi maka klik saja lupa password di aplikasi atau situsnya masing masing, karena seperti yang sudah sampaikan di awal, ada beberapa situs atau aplikasi yang belum memanfaatkan fitur ini sehingga username dan password kita tidak bisa tersimpan saat login.

Segitu saja tutorial mengenai password akun yang tersimpan di google, semoga bermanfaat bagi sobat sekalian, jika bermanffat tolong di share ya  dan kalau ada pertanyaan atau ungkapan yang ingin disampaikan mengenai artikel ini silahkan berkomentar ya, Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.