Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Halo sobat sekalian, pernah ga mau kirim screenshot (menangkap layar) aplikasi chat / obrolan seperti whatsapp, line, telegram, messengers, dan lainnya di smartphone android, tidak masalah kalau chatnya cuman pendek tetapi kalau chatnya panjang banget gimana ?, apa sobat screenshoot setiap bagian satu persatu sampai selesai, jujur saya dulu yang agak gaptek melakukan seperti itu karena ketidaktahuan saya, ehh ternyata ada aplikasi pembantu untuk menangani hal tersebut.


Sebelum menulis artikel ini saya sedikit riset terlebih dahulu di internet, saya menemukan tutorial cara mescrenshot (menangkap layar) chating obrolan hanya dengan sekali klik, dan saya mencobanya tetapi tidak bisa, ternyata fitur tersebut adalah fitur bawaan yang hanya ada di smartphone - smartphone terbaru, sedangkan di smartphone lama kita harus mendownload aplikasi pihak ketiga

Pada tutorial kali ini saya menggunakan aplikasi LongShot yang sangat mudah penggunaannya untuk mescreenshot (menangkap layar) chat obrolan yang panjang, jadi sobat hanya perlu mendownload aplikasinya yang bisa di cari di play store atau mengklik link berikut ini. Setelah itu bukalah aplikasi longshot, maka akan langsung disajikan dengan tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Untuk mempermudah menangkap gambar aktifkan fitur auto scroll (scroll otomatis), untuk menggunakan fitur auto scroll hidupkan dulu aksebilitas, di setting -> aksesibilitas -> longshot. lalu untuk memulai jalankan longshot dengan mengklik tombol yang di tunjuk panah merah diatas, jika ada peringatan silahkan sobat klik lanjutkan / mulai sekarang.


Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Selanjutnya silahkan kembali ke home android dan buka aplikasi chating yang akan di screenshot (menangkap layar), dibawah ini saya mengambil contoh aplikasi whatsapp, di sisi kiri / kanan akan tersedia tombol sudah mulai dan cancel dari aplikasi longshot, klik tombol mulai untuk memulai screnshoot (menangkap layar).

Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Setelah di klik aplikasi longshot akan memulai menangkap layar, dan aplikasi whatsapp akan mengscroll secara otomatis sampai scrolnya habis, sayangnya jika scroll sudah mentok / habis kita harus menghentikannya secara manual dengan menyentuh/mengklik area diatas garis merah.

Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa gambar sedang diproses dan tampilan seperti gambar dibawah ini, jika hasil otomatis yang disediakan longshot sudah bagus silahkan sobat langsung simpan, tetapi jika masih ada yang kurang rapi bisa di sesuaikan lagi dengan mengklik tombol sesuaikan disampingnya. Hasil gambar yang disimpan akan bisa diakses melalui galeri dan berada di folder yang bernama longshot, bisa dibagikan deh di media sosial.

Cara Mudah Screenshoot Seluruh Chat Obrolan di Android

Sudah selesai tutorial cara menggunakan longshot , jadi cukup sekian artikel ini saya tulis, dan sedikit opini saya, mungkin tidak lama lagi kita tidak perlu untuk mendownload aplikasi pihak ketika untuk sekedar menscreenshot (menangkap layar) chating obrolan yang panjang, karena para vendor smartphone sudah tau bahwa di zaman medsos ini, menscreenshot (menangkap layar) chating obrolan adalah fitur yang penting untuk disematkan pada smartphone secara bawaan. Untuk itu kita harus ngumpulin duit dulu biar bisa beli smartphone baru dan mencicipi satu fitur tersebut, sekian terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.