Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD/HDD Lama -> Baru

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Pada artikel sebelumnya saya telah mereview SSD yang saya miliki, baik yang lama ataupun yang baru. Sekarang adalah proses pemindahan Windows 10 dari HDD ke SSD, aplikasi yang saya gunakan disini adalah MiniTool Partition Wizard. Dengan menggunakan aplikasi ini proses migrasi pun sangat gampang sekali, hanya dengan klik klik dan menunggu maka windows 10 sudah bisa di gunakan pada SSD ataupun HDD baru sobat.

Pada aplikasi MiniTool Partiton Wizard ini hanya satu kekurangan yang cukup fatal menurut saya yaitu HDD atau SSD tujuan yang akan di install OS harus benar-benar kosong agar tidak ada data yang terhapus pada proses pemindahan Windows 10, seharusnya yang bagus itu adalah kita bisa menginstall di partisi disk khusus untuk sistem tanpa menghapus partisi data yang ada.


Pertama-tama sobat download terlebih dahulu MiniTool Partiton Wizard di website resminya yang bisa sobat kunjungi disini yang free juga cukup kok.

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Setelah di download bukalah aplikasi MiniTool Partiton Wizard maka tampilannya akan terlihat seperti gambar diatas, walaupun kedepannya tampilannya mungkin saja berubah sobat tinggal mencari yang namanya Migrate OS, jika di lihat pada gambar diatas maka klik tombol yang berwarna orange.

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Setelah itu sobat bisa memilih 2 pilihan disini, saya memilih yang pilihan B karena hanya membutuhkan partisi sistemnya saja. Untuk pilihan A sobat bisa artikan sendiri ya ๐Ÿ˜‚.

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Pada gambar diatas kita diharuskan memilih disk tujuannya atau disk baru yang akan di taruh Windows 10. Saya di tutorial ini memilih disk yang memiliki kode model VGen karena itu adalah SSD saya yang baru. Jika sobat perhatikan maka SSD VGen saya terbagi menjadi 3 bagian partisi, sobat tidak perlu mengikuti hal tersebut, karena 3 partisi tersebut hanya untuk saya buat eksperimen sebelumnya.

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Lagipula jika sobat klik next maka akan ada peringatan seperti gambar diatas, dimana semua data akan dihapus, dan pada gambar dibawah ini kita akhirnya membuat partisi yang baru lagi, jadi percuma kalau membuat partisi di awal.

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Untuk membuat partisi baru sobat tinggal geser - geser aja dibarengi dengan membaca dan memahami setiap text yang ditampilkan. Sangat mudah bagi orang yang kesehariannya bermain komputer asalkan tetap teliti dan hati - hati karena ini berkaitan dengan data. Kalaupun tahapan ini sobat kesusahan silahkan bertanya dengan orang sekitar ya. Setelah itu sobat tinggal next/finish saja, selanjutnya klik apply seperti yang di tunjukkan panah merah pada gambar diatas (Maaf ya karena lupa ambil screenshoot jadi gambarnya kurang sesuai๐Ÿ˜„).

Cara Memindahkan Windows 10 dari SSD HDD Lama ke SSD Baru

Setelah itu akan muncul dialog proses pemindahan Windows 10 ke SSD atau ke  HDD seperti gambar diatas, jika ada peringatan yang muncul untuk merestart windows silahkan restart saja karena aplikasi MiniTool Partiton Wizard tidak bisa melanjutkan proses pemindahan jika kita tidak melakukan itu, untuk lasannya silahkan baca sendiri pada gambar diatas ya ๐Ÿ˜‚  


Setelah di restart maka MiniTool Partiton Wizard akan melakukan pemindahan Windows 10 dengan tampilan seperti gambar diatas, silahkan tunggu kurang lebih 1 jam karena memang cukup lama tergantung berapa banyak aplikasi yang sobat sudah install di pada sistem windows nya.




Selesai sudah proses pemindahannya sekarang untuk mengujinya silahkan atur pada bios sobat masing-masing untuk booting sistem lewat SSD atau HDD yang baru, walaupun saya tadi bilangnya pemindahan, tetapi sebenarnya sistem lama hanya di copy ke SSD atau HDD baru jadi sistem pada disk lama belum terhapus, jadi sebelum benar-benar mengosongkan / memformat SSD atau HDD lama sebaiknya di uji coba dulu hasil dari pemindahan sistem ini, daripada terjadi penyesalan kemudian.

Untuk uji coba pada SSD pasti akan mudah terlihat karena bootingnya akan lebih cepat di banding HDD, tetapi jika disk barunya masih HDD tidak akan terlihat perubahannya. Jadi saran saya cobot saja HDD lama untuk sementara agar tidak ada kesalahan pemilihan booting pada bios. Jika di pastikan pemindahan sistem Windows 10 telah berhasil sekarang terserah sobat mau diapain dah selanjutnya, dan juga artinya tutorial ini juga selesai sampai jumpa. Terima Kasih....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.