Contoh Aplikasi TF-IDF Berbasis Web PHP (Information Retrieval)

Contoh Aplikasi TF-IDF Berbasis Web PHP (Information Retrieval)

Haloo teman-teman yang lagi belajar programmer, yang pasti lagi semangat belajar program sehingga sampai ke artikel ini, kali ini saya akan membagikan suatu contoh aplikasi TF-IDF berbasis PHP yang semoga berguna bagi sobat sekalian, kalau saya sih kegunaan aplikasi hanya untuk tugas kuliah Information Retrieval, diharapkan dengan saya bagi aplikasi TF-IDF sobat bisa mepelajarinya bukan hanya mendownloadnya untuk tugas.


Di bawah ini adalah tampilan dari contoh dari aplikasi TF-IDF ini tidak ada yang special hanya textarea dan 1 tombol, jika sobat mau menambahkannya menu pilih file seperti text dari MS word, atau file .txt saya persilahkan dan jangan lupa berbagi juga di komentar artikel ini.

Contoh Aplikasi TF-IDF Berbasis Web PHP (Information Retrieval)
Selanjutnya sobat harus menginputkan text apa saja yang penting terdapat titik didalamnya, kenapa harus ada titiknya ? saya akan jelaskan nanti. Setelah text sudah di inputkan ,lalu jika mengklk tombol proses text maka akan muncul hasil dari proses tersebut yaitu terdiri dari kumpulan table dan hasil ringkasan text seperti gambar dibawah ini.
Contoh Aplikasi TF-IDF Berbasis Web PHP (Information Retrieval)

Pada artikel ini saya hanya menjelasakn sedikit tentang cara kerja aplikasi ini, alasannya saya cukup malas mengetik dan saya rasa cukup sulit kalau dijelaskan dengan tulisan, aplikasi akan meringkas suatu paragraf text menjadi hanya 3 kalimat hasil ringkasan, setiap kalimat di tentukan oleh adanya simbol titik yang ada di suatu paragraf, jadi sobat harus memastikan paragraf atau text yang dimasukkan terdapat titik didalamnya, jika tidak akan maka paragraf yang di inputkan hanya akan dianggap 1 kalimat saja. Itu saja penjelasan saya selanjutnya sobat bisa memahaminya sendiri di file controller.php, disana terdapat nama-nama fungsi sesuai dengan kegunaannya jadi sobat tinggal pahami syntax phpnya saja.

Contoh Aplikasi TF-IDF Berbasis Web PHP (Information Retrieval)

Untuk lebih memahamkan sobat, saya juga akan membagikan contoh proses TF-IDF yang saya kerjakan secara manual, sehingga sobat bisa membandingkan antara kedua proses tersebut agar lebih memahaminya. Kalau menurut perbandingan saya, terdapat perbedaan jika dikerjakan secara manual dengan dikerjakan menggunakan komputer, itu terletak pada score pembobotannya sehingga hasil ringkasannya mungkin akan berbeda. 



ini di akibatkan ada satu proses yang saya abaikan pada script diatas, yaitu proses stemming text atau menghilangkan kata berimbuhan karena saya belum menemukan kamus kata baku berbentuk file .txt di internet, jika sobat menemukan kamus kata baku yang lengkap bisa sobat tambahkan di scriptnya, dan share dikomentar akan membantu sobat-sobat yang lain. Cukup sekian artikel ini saya tulis, link download sudah saya sediakan pada link dibawah ini, harap gunakan dengan bijak dan semoga bermanfaat, sampai ketemu di artikel lainnya.

2 komentar:

  1. halo, sebelumnya terimakasih ilmu nya sangat bermanfaat, mau bertanya, setelah saya coba kok tidak ada tampilan w=tf*idf nya yaa?

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.