Ciri Video Youtube Abal-Abal ? Jangan di Tonton!!!

Selasa, 26 September 2017

Ciri Video Youtube Abal-Abal ? Jangan di Tonton!!!

Youtube adalah salah satu platfrom berbagi video yang populer beberapa tahun ini, orang-orang bisa berbagi kepada dunia video tanpa ada yang membatasi, tetapi tidak sepantasnya seseorang membagi video yang buruk ke banyak orang dengan seenaknya. 

Sayangnya masih ada saja orang-orang seperti itu dan  sampai saat ini Youtube belum mempunyai filter canggih yang memblokir konten-konten buruk tersebut sehingga hanya beberapa video yang terdeteksi, yang akhirnya dihapus, sisanya ya masih beredar luas.

Mirisnya lagi trending di Indonesia kebanyakan video-video yang tidak berkualitas, tidak berkualiatas disini bukan soal kualitas resolusi video, tetapi isi konten yang ada divideo tersebut seperti berita bohong, kekerasan, kebencian, gosip, dan yang pasti ga ada manfaatnya buat diri kita dan orang lain.  

Ciri-Ciri Video yang Sebaiknya Jangan Di Tonton

1. Judul Terlalu Di Besar-Besarkan
Ciri Video Youtube Abal-Abal ? Jangan di Tonton!!!

Pasti pernah lihat judul video yang dimulai dengan kata Heboh, Gempar, Mengejutkan, Terungkap, dan terkadang juga di bumbui dengan tanda seru (!!) lalu mengajak calon penonton untuk melihat video nya.

Saran saya sebaiknya jangan menonton video tersebut karena video yang disebarkan kebanyakan adalah hoax dan walaupun benar akan seperti judulnya, sehingga banyak informasi yang di tambah-tambahkan agar sesuai dengan judul yang di inginkan oleh youtuber gadungan.

2. Thumbnail Buram, Lebay disertai Penampakan
Ciri Video Youtube Abal-Abal ? Jangan di Tonton!!!

Zaman sudah berubah, yang dulu biasanya sesuatu yang dilingkari merah itu adalah penampakan makhluk halus/hantu, tetapi saat ini lingkaran merah juga digunakan pada thumnail video agar menarik pengunjung, padahal pada area yang dilingkari merah tidak ada sesuatu yang istimewa(asal taruh lingkaran merah).

Banyak pengunjung youtube yang tertarik dengan hal semacam itu lalu karena penasaran akhirnya  ikut menonton, modus penipuan konten seperti ini sama halnya dengan Judul yang lebay seperti sebelumnya, saya harap setelah membaca artikel ini sobat tidak mengklik jika menemuinya.

3. Pengisi Suara Google Translate dan Isi Bukan Video
Ciri Video Youtube Abal-Abal ? Jangan di Tonton!!!


Jika menonton video lalu menemui suara mirip seperti suara rekaman dibawah ini, langsung tutup saja videonya.



Google translate merupakan senjata bagi para youtuber yang ingin keuntungan saja, tanpa memperdulikan dampak video yang mereka sebarkan, hal ini juga tidak menunjukkan identitas seorang youtuber, slogan lama youtube "Broadcast Yourself" yang artinya "siarkan dirimu" yang seharusnya diri sendiri yang ada di youtube bukan malahan suara google translate. Setidaknya untuk awal -awal menjadi youtuber setidaknya suara dulu disiarkan, lalu makin lama ditingkatkan.

Video google translate sesuatu yang saya benci dan mungkin sobat juga membencinya,  yang saya benci adalah seringkali sumber skrip google translate yang diubah menjadi suara adalah dari artikel-artikel yang dibuat oleh orang lain, di ubah menjadi suara agar tidak terlihat copas, lalu sering juga digabungkan hanya dengan slide gambar bukan video. Intinya youtuber seperti ini kebanyakan tidak kreatif ditambah lagi tidak menghargai karya tulis orang lain.

4. Melanggar Norma yang ada
Jika thumbnail atau isi video melanggar norma sosial, agama, budaya, dll, tentunya sobat sudah tahu apa yang harus dilakukan yaitu dengan tidak menontonnya. 


Tambahan
Itulah beberapa ciri yang menunjukkan video youtube itu berkualitas atau tidak, tetapi semua ciri-ciri diatas tidak serta merta membuat video tersebut tidak boleh ditonton ya terutama pada poin 1 dan 2, karena setelah tahu trending di youtube itu banyak dari video-video yang menggunakan judul dan thumbnail menarik, youtuber yang benar-benar youtuber menggunakan cara itu juga untuk menarik penontonnya.

Sebagai penonton youtube yang cerdas kita juga harus jeli dengan konten-konten yang ada di youtube, saya yakin semakin sering menonton youtube sobat akan semakin pintar membedakan mana video tidak berkualitas dan video berkualitas hanya dengan melihat sekilas saja.

Dampak Menonton Video Abal-Abal
Jika kita tetap menonton video yang tidak berkualitas dengan ciri-ciri seperti diatas, maka siap-siap dengan konsekuensinya yang mungkin banyak yang tidak secara langsung berdampak pada diri kita, walaupun begitu ini justru lebih parah, karena sama saja kita memudahkan orang lain kejalan yang menyesatkan. Berikut beberapa dampak menonton video youtube yang tidak baik :

Terhasut oleh Informasi yang di Sampaikan
Orang-orang yang mudah terprovokasi akan mudah sekali terhasut oleh informasi yang salah pada video youtube, saya berharap semoga ini tidak pernah terjadi bagi sobat yang membaca artikel ini benar atau tidaknya berita yang disampaikan di video sebaiknya selalu bersikap bijaksana dalam menanggapinya.

Membuat Video Trending 
Youtuber terkenal indonesia banyak mengeluh kenapa yang trending indonesia itu malahan kebanyakan video yang abal-abal, sedangkan mereka yang pengambilan videonya sangat serius yang selalu memperhatikan lighting, angel camera, audio, efek dan segala macemnya urutan 10 besar trending saja jarang. Akhirnya daripada mengeluh saja, banyak youtuber membuat video yang membahas kasus trending ini sebagai kontennya.

Berita Tidak Baik Menyebar
Untuk yang satu ini bahkan sudah diperangi oleh pemerintah, dengan tertangkapnya pelaku penyebar ujaran kebencian yang sedang heboh beberapa waktu lalu. Sobat sebagai penonton juga harus cerdas agar tidak ikut menyebarkan video hoax yang di buat oleh orang yang tidak bertanggung jawab, meski hanya menonton saja sebenarnya sobat memberikan support untuk video tersebut masuk trending dan memberi peluang bisa dilihat pengunjung youtube lainnya.

Youtuber Abal-Abal Semakin Giat
Seperti yang pernah diberitakan di TV bahwa ada orang yang berbisnis dengan menyebarkan berita hoax ke internet dengan tujuan yang tidak baik, seperti itu juga jika kita menonton video Abal-Abal, melihat penonton videonya banyak Youtuber yang juga Abal-Abal ini semakin giat membuat video serupa yang mungkin bisa lebih buruk lagi. Begitupun juga para pengangguran yang mungkin akan ikut tertarik dengan bisnis sebar-sebar berita hoax.

Kesimpulan
Itulah beberapa ciri dan dampak yang ditimbulkan video tidak berkualitas yang ada di youtube, semua isi artikel ini tidak berguna kalau tidak dimulai dari mengubah diri kita sendiri, maksudnya jika kita niatnya sengaja mencari video yang tidak berkualitas tersebut, pastilah akan ketemu dan mungkin tertarik menontonnya.

Semua yang disampaikan diatas tentunya hanya dari hasil pengamatan saya selama ini, jika ada kekurangan informasi yang disampaikan, bisa sobat tambahkan di komentar ya, mari kita membuat internet indosesia ke arah yang lebih baik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.