Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog

Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog

Menjadi seorang programmer merupakan keahlian yang cukup sulit didapatkan, kita harus belajar algoritma dan berbagai bahasa pemograman yang berbeda, terkadang untuk mencari solusi kita harus bertanya di forum yang mengharuskan menunjukkan source code dan masalah yang dialami, atau hanya sekedar berbagi source code program di blog atau forum untuk membantu programmer lain.

Sebelum membahas tutorial  menaruh source code di blog ada baiknya kita mengenalkannya terlebih dahulu, diartikel ini saya akan membahas situs tempel source code yang sudah cukup terkenal dikalangan programmer, tetapi baru-baru ini saya baru mengetahui bahwa situs ini juga bisa membantu untuk menaruh source code pada blog, dan cukup mudah untuk diterapkan, daripada ilmu yang sedikit ini untuk saya sendiri mendingan saya tulis, sekalian mengisi blog dan libur panjang.

Pastebin adalah salah satu situs yang menyediakan jasa paste-paste atau dalam bahasa indonesia artinya tempel, tetapi yang ditempel disini hanya dikhususkan untuk teks saja, tujuan dibuatnya pastebin ini saya rasa untuk membantu programmer membagikan source codenya sekaligus memudahkan programmer lain yang membacanya. Contohnya saja kode program yang di tempel di paste bin dibawah ini.

Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog

Terdapat berbagai warna yang berbeda untuk membedakan jenis syntax, dan terdapat baris kodenya juga, inilah hal-hal yang memudahkan programmer lain untuk membacanya. Selain fitur diatas tentunya ada banyak fitur lain yang belum banyak saya ketahui,  suatu hal lagi yang memudahkan kita menaruh kode di pastebin adalah kita tidak perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan fitur utamanya, tetapi jika tanpa mendaftar kekurangannya adalah untuk jangka panjang, karena tanpa mendaftar link url menuju source code yang kita paste.

Langkah-langkah untuk menaruh kode kita di blog seperti diterangkan dibawah ini.
  • Tentu saja buka situsnya terlebih dahulu di pastebin.com.
  • Maka sobat akan langsung menemukan isian untuk menempelkan source code, sobat bisa langsung menggunakannya tanpa harus mendaftar.


Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog


Menjelaskan sedikit bagian gambar diatas, pada paste expiration terdapat pilihan antara 10 menit sampai tidak pernah dihapus(never), dan ingat walaupun tidak pernah dihapus link menuju source code yang kita simpan tetap harus kita jaga, karena jika hilang maka sangat sulit untuk mendapatkannya kembali bahkan bisa hilang sama sekali. Masalah tersebut bisa diatasi dengan mendaftar akun terlebih dahulu  agar linknya tetap tersimpan diakun kita.

Selanjutnya maksud dari bisa dilihat orang atau tidak adalah, jika memilih unlisten maka source code yang kita simpan akan bisa akses hanya oleh orang yang memiliki linknya tanpa bisa dicari di situs pastebin, sedangkan public source code kita bisa diakses oleh orang yang memiliki linknya dan bisa dicari di situs pastebin itupun jika bisa menemukannya.

Selesai sudah penjelasannya singkat diatas, saya hanya menjelaskan yang dirasa kurang jelas saja, dan sisanya bisa sobat lihat sendiri pada gambar. Jika semua isian sudah diisi maka selanjutnya klik Create New Paste.

Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog
Jika berhasil maka sobat akan diahlikan ke halaman yang memuat seperti gambar diatas, sekarang kita akan membahas bagaimana cara menaruh source code pada blog khususnnya pada blogger(platform blog lain coba sendiri).
Pertama cari dan klik embed di pojok kanan atas(lihat gambar), jika sudah di klik maka sobata akan diarahkan ke halaman dibawah ini.

Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog

Ada 2 metode yang digunakan menggunakan iframe atau javascript, perbedaannya jika menggunakan javascript maka source code yang di simpan akan ditampilkan keseluruhan tanpa adanya scroll mouse, sedangkan inframe jika  source code yang disimpan cukup panjang maka akan ada scroll mouse untuk melihat keseluruhan kodenya, tetapi jika ingin ditampilkan keseluruhan atau membuat inframe lebih tinggi juga bisa dengan mengatur tinggi pada style CSS. 

Kalau saya sendiri lebih sering menggunakan metode inframe karena lebih fleksibel dan tidak terlalu membuat halaman artikel/postingan makin panjang, dan untuk source code program yang lebih pendek bisa menggunakan javascript karena lebih praktis.

Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog

Untuk meletakkan pada blog caranya cukup mudah sobat terlebih dahulu membuka entri atau laman yang ingin ditambahkan source code, lalu pilih mode HTML dan tempelkan script iframe atau javascript yang didapatkan di situs pastebin tadi, yang di ilustrasikan pada gambar diatas dan hasilnya bisa dibandingkan pada gambar dibawah ini.

Cara Menaruh Kode HTML, Javascript, PHP, C++ dll di Blog



Sekian artikel ini saya tulis, semoga cara diatas cukup bisa dimengertikan, karena yang baca calon programmer pasti mudah sekali memahaminya, mungkin cukup sekian tutorial menaruh source code di blog, jika artikel ini bermanfaat sobat bisa bagikan di di facebook, twitter, dan Google+, caranya klik pada pojok kanan bawah artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.