Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android

Selasa, 13 Juni 2017

Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android

Pada tahun 2016-2017 produsen-produsen android sepertinya mulai memperhatikan sektor baterai selain processor, kamera dan hal lain, memang sih baterai adalah perangkat yang sederhana tetapi mempunyai fungsi yang sangat penting untuk sumber energi smartphone, secanggih apapun perangkat yang ditanamkan ke sebuah smartphone tetapi tidak ada sumber energi yang menupangnya percuma saja. Smartphone sekarang ini sudah mempunyai rata-rata baterai diatas 2500Mah, smartphone saya saja yaitu Redmi Note 3 Pro sudah 4000Mah dengan screen on time dari baterai 100% mencapai 6-7 jam.

Walaupun begitu namanya manusia tidak cepat puas, saya ingin smartphone saya lebih irit lagi, pikiran itu timbul karena tidak sengaja melihat di forum facebook tentang seseorang yang memodifikasi smartphonenya lalu daya tahan baterainya meningkat. Syarat melakukan cara ini adalah smartphone sobat sudah di ROOTTTT, dan bersedia menanggung efek samping yang ditimbulkan oleh cara ini yaitu penurunan peforma dari sebelumnya. Jadi cara ini lebih cocok di aplikasikan ke smartphone yang memiliki peforma terlalu berlebihan, kalau dikira-kira smartphone yang memiliki kisaran score aututu 20.000 ke atas.

Untuk membuktikan cara ini cukup efektif menghemat baterai smartphone, bisa dilihat screenshoot screen on time smartphone saya dibawah ini, jika foto sebelum masih menggunakan mode pesawat dengan wifi, yang sesudah malahan sudah menggunakan wifi dan menghidupkan sinyal seluler jadi seharusnya lebih boros tetapi kenyataannya, bisa sobat lihat sendiri.

Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android
Cara menghemat baterai ini sangat mempengaruhi peforma, lihat saja gambar dibawah ini score aututu yang awalnya 70.000++ menurun ke 40.000-an setelah menggunakan mode hemat baterai. Menurut saya metode yang ada diartikel ini kurang cocok untuk smartphone yang terlalu rendah spesifikasinya karena menyebabkan penurunan peforma yang tidak bisa di toleransi lagi.

Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android

Saya rasa bukti datas sudah cukup meyakinkan, sekarang angsung saja pada tutorialnya.
  1. Saya ingatkan lagi bahwa android sobat  harus sudah di ROOT, untuk caranya bisa dicari sendiri di internet, karena setiap smartphone punya cara rootnya masing-masing.
  2. Download aplikasi Kernel Adiutor disini atau sobat bisa download di playstore, menggunakan Kernel Adiutor sebenarnya tidak wajib banyak kok aplikasi sejenis, tetapi karena di  tutorial ini menggunakan aplikasi Kernel Adiutor jadi ikuti saja ya.
  3. Setelah selesai didownload buka aplikasinya kalau ada permintaan izin ke aplikasi superuser tentu saja jangan lupa dizinkan ya.
  4. Tampilan aplikasi akan terlihat seperti gambar dibawah ini, sobat klik saja menu yang ditunjuk oleh panah merah yang akan memunculkan pilihan-pilihan, dan yang saya kotak merah adalah CPU dan GPU yang akan kita setting.

  5. Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android

  6. Di tutorial ini kita akan mensetting CPUnya terlebih dahulu, cara mensettingnya sangat gampang, sobat hanya memilih frekuensi sesuai kebutuhan, intinya frekuensi terendah untuk menghemat baterai dan frekuensi tertinggi untuk peforma tetapi lebih boros baterai. Di bawah ini saya mensetting Processor satu tingkat diatas frekuensi terendahnya, dan bagi yang bertanya kenapa saya mengatur frekuensi 2 kali, itu karena tipe processor Snapdragon 650 yang ada di smartphone saya memiliki kecepatan core yang berbeda, 1.4GHz 4 core dan 1.8GHz 2 core.
Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android
  1. Selanjutnya kita akan setting kecepatan GPU yang sangat berpengaruh saat sedang bermain game atau memutar video, jadi saya menyarankan GPU tetap pada kondisi defaultnya(awal) atau disetting 1 tingkat lebih rendah dibawah  frekuensi yang paling tinggi agar peforma saat bermain game atau memutar video tidak terganggu.
Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android
  1. Sebagai tambahan ada beberapa pengaturan yang ingin saya bagikan, pengaturan ini opsional saja atau tidak wajib. Pengaturan yang pertama adalah Apply on Boot yang berfungsi ketika smartphone di restart kita tidak perlu mengatur CPU dan GPU lagi, lalu ada lagi yang namanya CPU Governor yang berfungsi untuk mengatur bagaimana processor bekerja, ini juga menentukan seberapa hemat baterai smartphone kita. Di artikel ini saya tidak akan membahas CPU Governor karena dirasa terlalu panjang jika langsung dibahas disini, jadi sobat silahkan berkunjung ke artikel lain yang membahas CPU Governor disini.
Cara Ampuh Menghemat Baterai di Semua Perangkat Android


Selesai sudah tutorial menghemat baterai android diatas, jika dirasa tutorial diatas terlalu sulit karena smartphone sobat harus di root, silahkan cari lagi di internet cara yang lebih gampang. Jangan lupa juga tolong bantu share artikel ini supaya orang lain juga terbantu, terima kasihh.

1 komentar:

  1. Terimakasih min, sangat membantu batrai saya menjadi hemat

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.