Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows10


Membahas lagi tentang Windows 10, sekarang bahasannya adalah salah satu tahapan penginstalannya, yaitu membuat bootable Windows. Bootable adalah suatu media penyimpanan yang bisa menjalankan atau menginstall suatu sistem operasi, hardisk kita yang berisi Windows /Linux bisa juga disebut bootable(menurut saya). tetapi karena di artikel ini kita membahas untuk membuat bootable Windows 10 agar bisa di install, berarti kita membuat sebuah penyimpanan yang bisa mengarahkan komputer agar masuk ke sistem operasi Windows 10.

Sobat tidak perlu menggunakan media penyimpanan hardisk untuk membuatnya, cari saja tempat penyimpanan yang simpel yaitu flashdisk. Saya dulu sebagai orang awam di bidang komputer, lalu ingin membuat bootable, caranya dengan mengcopy file ISO Windows kedalam flashdisk, pasti sobat sudah tahu apa yang terjadi, bootable abal-abal yang saya buat tidak berjalan^_^.

Setelah belajar dan belajar akhirnya bisa dengan lancar membuat bootable sendiri, yang ternyata untuk membuat bootable sangat mudah, hanya membutuhkan aplikasi khusus dan bisa juga memburnnya ke DVD dengan aplikasi bawaan Windows, tetapi memburn ke DVD sudah tidak efektif dan efisien, mungkin hanya berguna bagi penjual DVD Windows bajakan, jadi di tutorial kali ini saya akan menggunakan flashdisk sebagai tempat bootable Windows 10. Langsung saja, mari kita ikuti langkah-langkahnya.

Pertama sekali pastikan sobat sudah mendownload file ISO Windows 10.
Lalu sobat cari aplikasi yang bernama rufus di google, atau sobat bisa langsung mendownloadnya di sini. Rufus adalah satu dari sekian banyak aplikasi pembuat bootable gratis di internet, tetapi kehebatan Rufus adalah selain bisa membuat bootable Windows dan Linux dalam satu aplikasi, juga merupakan aplikasi pembuat bootable yang diklaim paling cepat, buktinya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows10

Gambar tersebut didapat dari Offical website Rufus, jadi saya tidak mengarangnya sendiri. Ayo kita lanjut ke langkah selanjutnya.
Setelah selesai mendownload, buka aplikasinya. lalu atur-lah seperti gambar dibawah ini, jangan lupa pilih file ISO Windows 10-nya. Klik start dan tunggu sampai aplikasi Rufus menyelesaikan prosesnya.
Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows10

Setelah proses ini, saya langsung mencobanya dan berhasil

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows10

Gambar diatas adalah langkah-langkah masuk ke bootable di komputer axioo saya, kemungkinan kalau komputer lain berbeda lagi caranya. Sekedar informasi, jika sobat sudah sampai di gambar 3, jangan lupa menekan tombol apa saja pada keyboard agar tidak masuk ke Sistem Operasi yang telah terinstall sebelumnya.

Rufus bukan hanya untuk Windows, sobat bisa juga membuat bootable untuk Linux, untuk caranya kurang lebih sama, cuman diganti ISO-nya saja. Oke cukup sekian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi ke sobat-sobat yang lain ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.