Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap

Selasa, 13 September 2016

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap

Haloo sobat yang baru mengenal internet dan teknologi, selamat datang didunia digital ini. Artikel ini mudah-mudahan akan membantu sobat yang kesusahan dengan bagaimana mengirim email, untuk sekarang hanya dikhusukan untuk email dari google saja, bagi yang belum tahu ciri-ciri email dari google, ciri-cirinya adalah selalu berakhiran @gmail.com seperti email saya yogobaladul@gmail.com pokoknya akhirannya  @gmail.com kalau selain itu sudah pasti bukan email dari google, sebelum sobat menjalankan langkah-langkah mengirim email di artikel ini, sobat terlebih dahulu harus mempunyai email dari google. Untuk cara membuatnya bisa mengunjungi Cara Membuat Email dari Google.

Langsung saja berikut adalah tutorial cara mengirim email selengkapnya. tentunya sobat harus login terlebih dahulu di alamat gmail.com.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap
Setelah sudah masuk menu utama dari gmail sobat bisa mengklik tulis sehingga memunculkan menu untuk menulis pesan yang akan sobat tulis seperti yang sobat lihat pada gambar dibawah ini.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap

Saya akan menjelaskan apa saja menu-menu penting yang sering di gunakan jika ingin berkirim pesan dengan email, untuk lebih memudahkan saya perbesar gambarnya dulu ya.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap

Saya akan menjelaskannya melalui nomor-nomor yang saya taruh sebagai penanda, oke berikut penjelasannya.

Nomor 1
Merupakan alamat email penerima pesan utama yang akan kita kirim, pastikan alamat email yang sobat mau kirimi pesan benar, karena alamat email bersifat case sensitif atau memperdulikan huruf besar kecil, sehingga sering terjadi kesalahan dibagian ini yang menyebabkan email tidak terkirim ke alamat sebenarnya. Bagian ini juga terdapat menu tambahan yaitu Penerima Cc dan BCc.        

Penerima Cc(Carbon Copy) : alamat email yang di taruh di kolom ini akan mendapatkan copy dari email utama(kepada) tetapi penerima utama bisa melihat semua email yang di isikan ke kolom Cc.

Penerima BCc(Blind Carbon Copy) : merupakan kebalikan dari Cc karena penerima utama tidak bisa melihat email lain yang menerima pesan yang sama, singkatnya BCc merupakan kolom email penerima rahasia.

Untuk menggunakannya di gmail sobat tinggal klik saja pada text Cc dan Bcc, maka akan muncul kolom isian baru untuk memasukkan emailnya.

Nomor 6
Merupakan menu pemformatan text yang sobat sering lihat pada aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word, WPS Office, dan aplikasi lainnya. saya tidak menerangkan secara detail disini, tetapi jika sobat masih belum mengerti dengan deretan menu-menu tersebut, sangat mudah mempelajarinya menggunakan metode praktek langsung, cukup dengan memblok teks dan klik satu persatu menu yang ingin di coba maka sobat akan paham dengan sendirinya.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap

Nomor 7 adalah menu yang sering saya gunakan dalam berkirim email, saya akan menjelaskannya cukup detail disini, sobat bisa lihat penjelasannya di table dibawah ini.
Gambar Keterangan

Merupakan menu untuk memberikan lampiran file seperti doc, pdf, xls, dan lainnya. kita bisa melampirkan beberapa file sekaligus tetapi tidak bisa dengan foldernya langsung. untuk melampirkan banyak file sekaligus sobat bisa menkompresinya menjadi zip/rar terlebih dahulu.
Nomor 5 adalah hasil jika berhasil melampirkan sebuah file.

Gdrive merupakan fitur penyimpanan online dari google, dengan mengklik menu ini kita bisa mengirim file yang sudah kita upload di Gdrive. Hadirnya untuk mengatasi kekurangan menu lampiran, karena Gdrive bisa mengirim file yang sangat besar di atas 25Mb yang merupakan batas maksimal pengiriman file menggunakan lampiran.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap















Diatas ini adalah tampilan yang akan sobat temui jika meng-klik menu Gdrive, untuk hasilnya sobat bisa lihat tanda Nomor 3 pada gambar sebelumnya.

Menu yang berfungsi meyisipkan atau menaruh gambar pada email, foto yang sobat kirimkan bisa berupa lampiran(file tidak terlihat) atau foto yang ditampilkan langsung ke pada penerima surat saat membuka email.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap



Jika ada alamat URL internet atau Email yang ingin disertakan sobat bisa menggunakan menu ini karena penerima pesan bisa langsung menkliknya, sebenarnya bisa sih di tempel langsung pada isian pesannya tetapi jika URL/Email yang di copy panjang, maka kita harus menempelkan semua itu yang mengganggu isi pokok pesan. sebagai penggantinya bisa menggunakan menu ini agar sobat bisa memberitahu kemana URL/Email ini diarahkan dan akan terlihat lebih pendek jika URL/Email aslinya sangat panjang.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap

Nomor 4 adalah hasil dari menu URL ini.


Dengan menu ini sobat bisa mengirim banyak emoticon lucu tinggal pilih saja yang di kehendaki.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap


Sedikit tambahan jika ingin mengirim file/foto, setelah terbuka jendela baru klik menu unggah, lalu sobat akan melihat tombol pilih file/foto yang akan di unggah. klik tombol tersebut dan cari filenya.

Semua email yang selesai di tulis langsung bisa di kirim dengan mengklik tombol Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap
jika tidak mau di kirim sekarang juga tidak apa-apa, karena semua email yang di tulis akan tersimpan otomatis di menu draft yang bisa sobat lihat dengan mengklik menu draft di samping kanan.

Cara Mengirim Email di Gmail Lengkap


Artikel ini lumayan panjang juga ya, semoga sobat pembaca bisa mengambil manfaat dari artikel ini. Alangkah lebih baik jika sobat mempraktekkannya langsung agar pemahaman sobat tentang artikel ini lebih dalam dan lama.

Sebenarnya belajar komputer dan teknologi itu tidak sulit yang penting sobat harus rajin mempraktekkannya, karena jika cuman teori saja akan mudah terlupakan, selain perbanyak praktek tentunya sobat bisa membagikan ilmunya kepada orang lain. Karena ilmu akan semakin bertambah dan sempurna jika di bagikan, mungkin ada sesuatu yang kita ragu-ragu tentang suatu ilmu, setelah praktek dan mengajarkannya ke pada orang lain, ternyata ada tambahan ilmu lagi yang menutupi keragu-raguan tersebut.

Nasehat yang saya sampaikan di atas untuk ilmu seputar komputer dan teknologi saja, jangan mengajarkan ilmu agama dan ilmu yang bisa membahayakan manusia, dengan keragu-raguan tentang ilmu tersebut.

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang artikel ini atau hal lainnya seputar komputer dan teknologi silahkan hub saya melalui kontak yang tersedia atau komentar dibawah. Jangan lupa share ke sobat-sobat yang lain ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.