Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Pernahkah sobat melihat video youtube yang menampilkan speedometer kecepatan secara digital, kalau saya melihat pertama kali saat seorang youtuber sedang mengukur kecepatan sebuah pesawat saat lepas landas dan terbang, sayapun tercengah karena ternyata faktanya kecepatan pesawat diatas 400KM/jam, seperti yang ditampilkan divideo tersebut, padahal saat didalam pesawat rasanya tidak secepat itu.

Saya awalnya agak ragu apakah pengukuran kecepatan tersebut cukup akurat dan bertanya bagaimana sih cara ngukurnya ?, tetapi ternyata saat baca-baca lagi di internet memang sudah tersedia aplikasi android untuk mengukur kecepatan kendaraan, hanya dengan menggunakan gps dan internet yang ada di smartphone kita sekarang bisa mengukur kecepatan kendaraan yang kita tumpangi (perkembangan teknologi memang sudah luar biasa).


Sobat bisa memanfaatkan aplikasi speedometer ini saat speedometer bawaan kendaraan sobat rusak atau pas lagi tidak ada kerjaan saat menjadi penumpang. Aplikasi pengukur kecepatan ini memang banyak yang sejenis di internet tetapi di artikel ini saya akan menampilkan satu saja, yaitu aplikasi yang bernama odometer yang bisa sobat download pada link berikut ini.




Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Jika aplikasi odometer dibuka akan menampilkan tampilan seperti gambar dibawah ini, sobat bisa mengatur satuan kecepatannya dari mph, kmph, dan knot, dan ada mode pengukurannya juga bisa menggunakan mode mobil/motor, sepeda, atau berjalan. Pengaturan lainnya bisa sobat lihat pada gambar dibawah ini.


Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Jika sudah selesai dalam pengaturannya sobat bisa langsung tekan tombol let's go pada bagian bawah.

Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Selanjutnya pada bagian ini sobat disediakan 3 jenis tampilan dengan analog, digital ataupun peta. Pada tutorial kali ini saya memilih analog biar lebih terlihat nyata, untuk memulai silahkan sobat klik tombol start, jika ada permintaan perizinan GPS silahkan klik allow/izinkan.

Ingat!! GPS sangat diperlukan disini untuk mengetahui lokasi terkini smartphone kita berada, jika saya baca-baca diinternet GPS tidak memerlukan internet karena langsung terhubung kesatelite tetapi karena kita menggunakannya aplikasi untuk mengukur kecepatan maka ke akuratan posisi sangat diperlukan jadi saya bisa bilang wajib menggunakan internet untuk meningkatkan keakuratan GPS.

Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Sekarang sobat sudah bisa mengecek kecepatan kendaraan sobat, di bawah ini kecepatan kendaraannya mencapai 80Km / jam dan setelah di cek di speedometer bawaan dari mobil ternyata hampir sama sekitar 80Km jam, jadi bisa dibilang aplikasi odometer cukup akurat dalam mengukur kecepatan.

Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android


Walaupun begitu namanya buatan manusia pasti ada kekurangannya, dimana ketika saya coba di pedesaan dengan mode walk/berjalan speedometer tidak menunjukkan perubahan kecepatan sama sekali, padahal internet dan GPS sudah saya aktifkan, saya pikir mungkin sinyalnya kurang bagus. Jadi aplikasi pengukur kecepatan ini mungkin hanya efektif di kota-kota yang lumayan banyak sinyalnya.

Cara Mudah Mengukur Kecepatan Motor / Mobil Pakai Android

Sebelum mengakhiri artikel ini, ngomong-ngomong soal fitur pengukur kecepatan kendaraan, saya juga menemukan fitur ini di google maps namun sayangnya hanya tersedia ketika memulai navigasi rute, caranya dengan klik tombol tambah yang ditunjuk panah merah pada gambar diatas dan pilih pengukur kecepatan lalu akan muncul indikator kecepatannya.

Selain pengukur kecepatan ada juga fitur untuk melihat lokasi tabrakan, macet dijalan, kontruksi pembangunan, penutupan jalur, dan kendaraan mogok, hanya saja menurut saya fitur google maps ini masih dalam percobaan.karena masih dibatasi, dan hanya tersedia pada waktu-waktu tertentu.

Cukup sekian tutorial bagaimana cara mudah mengukur kecepatan motor / mobil menggunakan android, jika ada kesalahan penulisan dan informasi yang disampaikan saya mohon maaf, dan jangan lupa kalau ada pertanyaan silahkan berkomentar ya, sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.