Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terkuat di Daerahmu

Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terkuat di Daerahmu

Setelah pensiun menggunakan internet indihome yang bisa dibilang hampir unlimited, saya mulai kebingungan untuk memilih paket internet untuk menunjang kebutuhan ngblog, nonton youtube, freelance dan lain sebagainya. Kebetulan saat itu saya menggunakan kartu telkomsel untuk berkomunikasi, 

jadi melihat-lihat dulu paket apa yang cocok untuk saya, yang selalu menghabiskan kouta yang banyak, ternyata ada satu paket yang cukup besar koutanya tetapi sayangnya sangat mahal yaitu 200 ribu untuk 52GB/bulan, dimana dulu saya cukup membayar indihome 40 ribu/bulan (cukup murah karena patungan), kaget sih harus menambah segitu banyak jika tanpa internet indihome.

Untuk bulan-bulan pertama saya bertahan dengan paket telkomsel tersebut, tetapi lama kelamaan sya pikir ngabisin duit juga, dan saya pun mulai mencari alternatif operator lain dengan paket internet yang lebih murah, belilah saya kartu perdana baru karena operator ini saya lihat yang memberikan paket paling murah.


Ehh pas dipasang di smartphone hasilnya zonk, tidak ada sinyal satupun, bahkan 3G aja tidak ada. Jadi setelah hal menjengkelkan itu terjadi sayapun mencari-cari di internet dan mendapatkan informasi sebuah aplikasi yang memberikan data sinyal operator yang ada di daerah kita, yaitu open signal yang bisa sobat download di playstore masing-masing. 

Dengan menggunakan aplikasi ini sebaran sinyal didaerah kita terlihat dengan warna - warna sesuai jenis jaringannya (2G/3G/4G), sebelum menjalankan aplikasi pastikan sobat menyalakan lokasi seperti gambar dibawah ini.

Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terkuat di Daerahmu


Setelah buka aplikasi sobat bisa mengklik menu bagian peta dan untuk memusatkan ke lokasi sobat (sesuai gps} bisa dengan mengklik tombol target di pojok kanan bawah, maka aplikasi open signal akan memberikan data sebaran sinyal operator di daerah sobat.


Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terkuat di Daerahmu


Selain informasi diatas sobat juga bisa melihat dan membandingkan kecepatan internet masing-masing operator dengan mengklik tombol bandingkan peforma, untuk menggunakan fitur ini pastikan sobat memperkecil tingkat pembesaran agar wilayahnya lebih luas dan open signal bisa menampilkan datanya.


Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terkuat di Daerahmu

Dari mekanisme diatas saya tidak yakin bahwa data yang ditampilkan sangat akurat, karena sepertinya open signal mengumpulkan data dari penggunanya sendiri untuk menghitung rata-rata kecepatan internet, jadi harus ada banyak pengguna yang menggunakan opensignal dan menguji kecepatan internetnya diwilayah tertentu untuk memperbesar peluang keakuratan data, tetapi untuk daerah jakarta yang banyak penduduknya menurut saya data kecepatan internet open signal sangat bisa di andalkan. 

Walaupun tidak begitu akurat data open signal bisa membantu sebagai faktor pendukung pengambilan keputusan untuk memilih operator internet yang cepat di daerah sobat, untuk faktor utamanya menurut saya sobat masih perlu untuk bertanya ke orang sekitar tentang rekomendasi paket internet didaerah sobat, karena namanya sinyal jarak 50 meter aja bisa beda kekuatan sinyalnya.

Cara Praktis Cek Sinyal Internet Terkuat di Daerahmu

Itu saja tutorial bagaimana mendapatkan data sinyal internet di daerah masing-masing, sebelum menutup saya curhat bentar ya. bisa sobat lihat gambar diatas, itu adalah data open signal sebaran sinyal internet di papua yang masih sangat sedikit, sedih memang, dimana papua sebagai WNI sama seperti kita harusnya mendapatkan fasilitas yang sama seperti kecepatan internet kencang dan harga murah, ini baru masalah internet belum masalah yang lain, saya harap pemerintah bisa secepatnya mengadilkan masyarakat papua. Terima kasih sampai jumpa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.