Cara Presentasi Demo Aplikasi Android ke Client atau Dosen

Cara Presentasi Demo Aplikasi Android ke Client atau Dosen

Haloo sobat semua lama saya tidak menulis artikel di blog ini, alasannya ya taulah mahasiswa akhir yang berjibaku dengan skripsinya, sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan artikel baru lagi. Sebenarnya ada  tapi yang waktu luangnya dibuat untuk hiburan karena sudah stress mikirin skripsinya, itulah kesalahan saya kenapa gampang mementingkan hiburan yang hanya kesenangan yang fana.

Nah pada saat selesai sidang skripsi saya pun sudah lega, wakaupun masih ada sedikit revisi dari dosen, pada saat sidang skripsi itu saya harus mempresentasikan aplikasi yang saya buat yaitu aplikasi berbasis web dan android. Untuk webnya sih gampang karena bisa di buka di laptop, tapi untuk androidnya saya harus menggunakan smartphone karena salah satu fitur aplikasi saya  harus menggunakan kamera yang hanya tersedia jika dijalankan di smartphone bukan di emulator.


Disitulah saya mencari cari solusi, saya cari aplikasi di playstore yang bisa menampilkan layar di laptop, beberapa aplikasi sudah saya coba dan akhirnya pilihan akhir jatuh pada aplikasi yang bernama  Screen Stream over HTTP, dengan aplikasi ini kita bisa melihat layar smartphone melalui laptop dengan perantara Wi-Fi. Menggunakan aplikasi ini teryata mempunyai pengaruh terhadap penilaian dosen khususnya pembuktian bahwa kita merupakan mahasiswa yang siap lulus dengan skill programer yang kita miliki, dan akhirnya revisi saya hanya sedikit walupun tulisan saya amburadul (Ini hanya pendapat saya jangan diterapkan di dunia nyata).

Membahas aplikasi Screen Stream over HTTP, cara kerjanya adalah aplikasi akan merekam layar smartphone dan mengirimkannya melalui jaringan Wi-Fi, Koneksi Wi-Fi yang digunakan bisa menggunakan koneksi Wi-Fi (tathering hotspot) langsung atau menggunakan koneksi Wi-Fi pihak ketiga (Access Point). Saya lebih suka memakai tathering saja karena lebih smooth dan tidak lag. Untuk cara menggunakan aplikasi ini bisa sobat lihat pada penjelasan dibawah ini.

Pertama-tama buka dulu akses tathering hotspotnya, dan koneksikan laptop ke hostspot tersebut.

Cara Presentasi Demo Aplikasi Android ke Client atau Dosen


Lalu download aplikasi Screen Stream over HTTP, lalu buka aplikasi pastikan ip anddress dan port sudah muncul pada aplikasi dan klik tombol start untuk memulai merekam layar dan mengirimkannya ke jaringan Wi-Fi. Jika ada konfirmasi permintaan ijin untuk merekam layar jangan lupa izinkan saja ya.

Cara Presentasi Demo Aplikasi Android ke Client atau Dosen


Setelah itu buka browser di laptop yang sudah terkoneksi dengan tathering hotspot android, dan ketikkan alamat yang tampil pada aplikasi, contohnya seperti gambar dibawah ini, lalu klik enter, maka layar smartphone akan muncul di browser sobat.

Cara Presentasi Demo Aplikasi Android ke Client atau Dosen

Silahkan coba-coba untuk bermain dengan bernavigasi dan berpindah-pindah tampilan di smartphone, maka tampilan di laptop juga akan mengikuti, Wow kan aplikasinya. Nah sekarang sobat tidak perlu lagi untuk persentasi ke client atau dosen sambil mendekatkan smartphonenya.


Kekurangan aplikasi Screen Stream over HTTP saat digunakan adalah, smartphone tidak bisa koneksi ke Wi-Fi lainnya, sehingga untuk mengakses internet harus rela untuk membeli kouta internet sebagai koneksinya. Hal ini tidak berlaku jika aplikasi yang kita persentasikan tidak perlu koneksi internet.

Hal terakhir yang perlu di ingat bahwa presentasi aplikasi ke client atau dosen sangat penting tidak peduli seberapa bagus aplikasi kita, jika kita presentasinya bagus dan menyakinkan pasti akan di pandang bagus juga, salah satu hal pendukungnya yaitu dengan aplikasi ini, sekian artikel ini saya tulis semoga revisi saya lancar dan segera mendapatkan pekerjaan saat lulus nanti terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.