Tips Ampuh Agar Flashdisk Bisa Copy File Besar (di Atas 4GB)

Tips Ampuh Agar Flashdisk Bisa Copy File Besar (di Atas 4GB)

Flashdisk merupakan penyimpanan yang sering di gunakan selama ini oleh banyak orang, walaupun keberadaannya sudah mulai tersaingi dengan penyimpanan cloud atau online seperti facebook, google drive, line dan lain sebagainya, tetapi masih tetap eksis hingga sekarang. Nah jika sobat merupakan seseorang yang sering berurusan dengan komputer dan flashdisk pasti pernah menyalin sebuah file yang besar atau lebih dari 4GB nah disitulah tekadang kita mendapatkan error seperti gambar dibawah ini.


Error ini muncul jika kita menyalin 1 file yang berukuran 4GB keatas, jadi untuk 4 File yang masing-masing berukuran 1GB tidak akan menimbulkan error. Di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi hal tersebut, setidaknya sampai saat ini saya mendapatkan 2 cara untuk mengatasi error saat mengcopy file diatas 4GB, yang akan segera kita bahas dibawah ini.


Bagi file jadi bagian-bagian kecil dengan Winrar 
Cara pertama adalah membagi file kedalam part-part yang kecil, cara ini seringkali di terapkan untuk file-file besar yang di download di internet, hal tersebut dilakukan akibat faktor internet yang lambat, jadi mengakalinya dengan cara membagi file yang di upload, tujuannya agar file tidak terlalu lama di upload dan meminimalisir kegagalan saat upload karena koneksi yang lambat apalagi jarang sekali upload yang bisa di pause. nah untuk yang mendownload filenya juga di untungkan karena memeinimalisir kegagalan download atau file yang currupt.


Cara membagi file menjadi beberapa bagian adalah dengan menggunakan aplikasi winrar di windows, pertama-tama klik kanan pada file yang akan di bagi, klik Add to archive dan akan muncul jendela baru.


Setelah itu sobat bisa mengatur nama file nya, lalu jangan lupa atur juga split to volume karena file yang saya bagi tidak lebih dari 2Gb maka saya memilih 700Mb saja perbagian, klik ok dan proses pembagian file akan berjalan

Setelah selesai file akan terbagi menjadi file-file rar seperti gambar diatas, nah sekarang sobat bisa mengcopykannya ke flashdisk tanpa ada peringatan "file too large" lagi, lalu jika ingin mengembalikan ke file aslinya sobat tinggal ekstrak saja salah satu filenya maka akan otomatis file yang terbagi sebelumnya akan menjadi 1 asli sebelum dibagi.

Ganti format flashdisk menjadi NTFS
Cara kedua adalah yang paling efektif menurut saya karena tidak perlu buang buang waktu membagi-bagi file, sobat hanya perlu memformat ulang atau mengganti file system flashdisk ke NTFS, tentunya sebelum itu sobat harus membackup data-data penting di flashdisk tersebut terlebih dahulu. Kenapa NTFS bisa mencopy file lebih besar dari 4GB ? saya pun sebenarnya tidak terlalu mengerti karena ini adalah masalah teknis tapi dari yang saya cari di internet maka saya mendapatkan data hasil perbandingan antara NTFS dan FAT 32 yang dijelaskan sebagai berikut.

FAT 32
Kelebihan 
  • FAT 32 mendukung semua sistem operasi, sehingga cocok di gunakan pada flashdisk yang bisa saja di colokkan ke sistem operasi berbeda.

Kekurangan
  • Pertama tentu saja tidak bisa mencopy file ukuran lebih dari 4GB
  • Ukuran kluster adalah 32Kb, jadi walaupun sobat mencopy file kurang dari 1Kb di flasdisk yang menggunakan format FAT 32 akan terbaca sebesar 32Kb.
  • Ukuran flashdisk maksimal 2TB
  • Tidak memiliki fitur keamanan fitur keamanan enkripsi dan permission.


NTFS
Kelebihan
  • Bisa mengcopy file sebesar 16 miliar GB (4GB lewat dahh, dan kyanya ga ada 1 file yang ukurannya 16 miliar GB).
  • Ukuran kluster adalah 4Kb, jadi walaupun sobat mencopy file kurang dari 1Kb di flasdisk yang menggunakan format FAT 32 akan terbaca sebesar 32Kb.
  • Ukuran flashdisk maksimal 16 miliar GB
  • Terdapat fitur keamanan enkripsi dan permission.

Kekurangan
  • Tidak bisa di jalankan disemua sistem operasi.
Itulah perbandingan antara FAT 32 dan NTFS, kalau dari pengalaman saya FAT 32 seringkali digunakan sebagai filesystem flashdisk dan NTFS sering digunakan untuk filesystem hardisk, kelebihan dan kekurangan diatas saya dapat dari internet jadi kalau ada kesalahan mohon dimaafkan. Selanjutnya cara untuk menformat flashdisk menjadi NTFS sangatlah mudah, yaitu dengan klik kanan pada icon flashdisk lalu klik format.

Tips Ampuh Agar Flashdisk Bisa Copy File Besar

Lalu akan muncul jendela format, sekarang yang perlu sobat ubah adalah file systemnya ke NTFS dan jangan lupa centang quick format, lalu silahkan klik start nanti akan ada peringatan apakah akan tetap di teruskan karena memformat flashdisk akan menyebabkan semua data akan hilang, jika sudah yakin klik yes, dan setelah format flashdisk  ke NTFS sukses silahkan mengcopy file yang besarnya diatas 4GB dengan tenang.

Tips Ampuh Agar Flashdisk Bisa Copy File Besar

Itulah 2 cara untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa mengcopy file diatas 4GB, karena kebutuhan akan file-file besar saat ini begitu banyak, maka semoga tutorial ini bermanfaat dan semoga kedepannya internet indonesia semakin ngebut dan kalau bisa gratis dimana-mana sehingga kebutuhan akan flashdisk bisa dikurangi (walaupun sepertinya untuk mencapai hal tersebut masih memerlukan waktu yang lama), cukup sekian artikel ini saya tulis semoga bermanfaat sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.