Alasan Kenapa Harus Pakai Asus ROG ? No. 5 Cuman ROG yang Bisa ! #WEAREROG

Jumat, 08 September 2017


#WEAREROG  #ASUSROGID  #ROG
Dunia game dari tahun ke tahun semakin berkembang ke arah yang lebih baik, terutama dalam hal grafik yang siap memukau para gamer, peran perangkat pendukung pun harus berbanding lurus dengan situasi ini, Asus sebagai produsen perangkat komputer terus mengeluarkan inovasi untuk segmen gaming ini, dengan brand ROG nya, mereka membuat laptop-laptop gaming yang bagus di kelasnya.


ROG (Republic of Gamers) adalah brand gaming dari Asus yang sudah mengeluarkan banyak produk seperti mouse, graphic card, headset, dan lainnya, diartikel ini secara khusus akan membahas laptop-laptop ROG dan beberapa alasan kenapa harus pilih laptop ROG untuk kebutuhan gaming dan editing (apalagi cuman ngetik),  berikut ini adalah penjelasan laptop Asus ROG lebih lanjut.


Asus membagi kelas segmen laptop ROG menjadi 3 yaitu GLSeries untuk mainstream, GSeries untuk high end, dan GX series untuk segmen antusias(penggemar). Untuk mengetahui alasan kenapa harus pilih ROG, maka selanjutnya kita akan membahas ketiga kelas segmen yang telah disebutkan diatas bersama contoh produknya.


Di tujukan kepada segment pemula atau mainstream, menunjukkan Asus dengan brand ROG nya, tidak lupa dengan gamers yang mempunyai budget terbatas, walaupun harganya lumayan terjangkau tetapi spesifikasi yang ditawarkan sudah cukup untuk main game-game terbaru saat ini, berikut ini contoh produk dari jajaran ROG GLSeries.


Merupakan seri ROG yang terjangkau di kelas nya GL553VD di tenagai dengan processor intel core i7-7700HQ, lalu ditemani dengan kartu grafis Nvidia GTX 1050 4GB GDDR5. Spesifikasi seperti ini sangat cocok bagi pengguna pemula seperti mahasiswa atau orang-orang yang baru terjun ke dunia desain grafis.

Layar yang digunakan sebesar 15,6 inci berjenis Full HD IPS dengan wide-view angle, sehingga layar akan tetap bisa mempertahankan warnanya walaupun dilihat dari sudut yang ekstrim, layarnya juga dilapisi dengan Matte Finish membuatnya tidak mudah silau saat terkena cahaya.

Pada keyboard ROG GL553VD terdapat LED-backlit yang mempunyai 4 warna yang berbeda, keyboard yang lebar dan tombol panah terpisah membuat nyaman saat digunakan bekerja maupun bermain game, untuk mengatur LED-backlit bisa menggunakan aplikasi Aura yang sudah disediakan.

RAM laptop ROG GL553VD sudah mempunyai memory standar sebesar 16GB DDR4 yang bisa diupgrade sampai 32GB, penyimpanan eksternal nya pun sangat lega dengan kapasitas HDD 1TB 7200rpm dan SSD hingga 256GB.

Port yang disediakan pada ROG GL553VD adalah Card Reader, 1 port USB 2.0, 2 port USB 3.0, Jack Audio, USB Type-C, HDMI, LAN, sudah menggunakan teknologi terbaru sehingga membuat transfer data lebih cepat, tersedia juga WiFi dan Bluetooth untuk konektivitas nirkabel.
Kisaran Harga : Rp. 16.000.000


Jika memiliki uang lebih, bisa memilih laptop model GL502VM, karena sesuai harganya yang lebih mahal, spesifikasi yang ditawarkan juga lebih powerful dibanding GL553VD. ROG GL502VM. Termasuk kelas tertinggi dari GLSeries, yang mempunyai spesifikasi processor intel core i7-7700HQ, dengan kartu grafis Nvidia GTX 1060 6GB GDDR5, dan Memori RAM 16GB DDR4, spesifikasi tersebut membuat GL502VM sudah siap untuk bermain game bahkan dalam mode Virtual Reality.

Layar GL502VM berjenis Full HD IPS 15,6 Inci dengan kemampuan sudut pandang yang luas sampai 178 derajat, untuk kelancaran bermain game disematkan juga fitur G-sync yang bisa membantu untuk menghindari lag, meminimalisir stutter, dan menghilangkan tearing.

GL502VM juga merupakan laptop gaming yang cukup tipis dan ringan dengan ketebalan 2,3 cm dan berat 2.2kg, membuat laptop ini sangat mudah dibawa kemana-mana, sehingga memudahkan penggunanya untuk bermain game maupun menyelesaikan pekerjaannya dimana saja. Desain GL 502VM sangat solid, di bagian luarnya dilapisi dengan brass aluminium dan untuk bagian dalam menggunakan high quality plastic, hebatnya lagi 2 bahan ini tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Keyboard GL502VM merupakan jenis tactile keyboard dengan LED-backlit berwarna merah yang sudah disematkan fitur anti ghosting untuk kenyamanan bermain game. Penyimpanan yang digunakan GL502VM adalah HDD 1TB dan NVMe SSD hingga 256GB, untuk port yang disediakan oleh GL502VM cukup lengkap yaitu 3 buah USB 3.0, Jack Audio, Card Reader, USB Type-C, HDMI, Mini Display, LAN, serta untuk konektivitas nirkabel tersedia WiFi dan Bluetooth.

ROG GL-502 juga tersedia dalam warna silver, untuk pembeliannya akan mendapatkan ROG backpack secara cuma-cuma, seperti semua produk ROG lainnya.

Kisaran Harga : Rp. 26.000.000



Kedua adalah GSeries yang di tujukan untuk gamers yang tidak suka dengan hambatan saat bermain game. Spesifikasi yang dibenamkan Asus pada laptop di seri ini sangatlah tinggi bahkan ada produk G-Series yang processornya sudah cepat, tetapi bisa dipercepat lagi dengan teknik overclock. Berikut ini contoh produk dari ROG GSeries.


G752VS memiliki desain yang terinspirasi dari pesawat tempur, menunjukkan G752VS siap memenangkan pertempuran dengan game atau aplikasi berat saat ini. Processor saja sudah menggunakan intel core i7 6820HK, yang memiliki keunggulan bisa di overclock sampai 4GHz.

RAM yang dibenamkan juga sangat luar biasa yaitu sebesar 64GB DDR4 yang membuat multitasking aplikasi berat sekalipun, dijamin mulus tanpa kendala. Untuk menopang performa game, G752VS menggunakan kartu grafis GTX 1070 8GB GDDR5 dengan layar 17.3 inci 4K Ultra HD yang sudah support fitur G-sync, game akan terlihat mulus tanpa hambatan.

Laptop yang bisa di overclock pasti tambahkan fitur cooling nya, begitupun pada Asus G752VS selain menggunakan kipas, Asus meletakkan teknologi yang diberi nama 3D Vapor Chamber, merupakan teknologi yang menggunakan cairan pendingin khusus, yang ketika dipanaskan akan mengubah fase dari cairan menjadi gas, dan kembali lagi secara terus menerus. G752VS juga mempunyai sistem anti debu yang mengarahkan debu keluar dari sebuah saluran dust-release tunnel untuk menjauhkan nya dari komponen internal.

Sebagai laptop gaming, Asus ROG G752VS sudah menyediakan penyimpanan yang banyak dengan HDD sebesar 1TB dan 2 x 512GB SSD, tentunya dengan penyimpanan seperti itu pengguna bisa menyimpan banyak game yang ia mainkan. Port yang disediakan juga cukup banyak yaitu, 3x jack audio, USB Type-C/Thunderbolt, Mini Display, 5x usb 3.0, HDMI, LAN, Card Reader, Optical Drive, untuk konektivitas nirkabel tersedia Wi-Fi Bluetooth.

Asus juga memberikan backpack, headset, mouse, dan account XSplit Gamecaster secara gratis, kepada para pembeli G752VS, dengan begitu pengguna tidak perlu membeli aksesoris lagi dan siap untuk berbagi gameplay dengan para fans.

Kisaran Harga Rp. 60.000.000



GXSeries bisa dibilang adalah series tertinggi dari Asus yang ditunjukkan bagi para penggemar, pada series tidak hanya menonjolkan spesifikasi yang tinggi, tetapi juga inovasi terbaru yang berhasil ditemukan Asus yang tidak ada series lainnya. Inovasi-inovasi tersebut bisa dilihat pada produk-produk GXSeries dibawah ini.


GX501 atau dikenal dengan nickname Zephyrus adalah laptop yang baru saja di rilis Asus, desain yang tipis dengan tebal 1.7cm dan berat 2.2kg membuat banyak orang terpukau, walaupun lebih tipis dari kebanyakan laptop gaming, tidak menghalangi Asus untuk meletakkan teknologi terbaru saat ini, diantaranya intel Core i7 7700HQ, RAM 24GB DDR4, dan Nvidia GTX 1080 dengan desain terbaru nya Max-Q.

Zephyrus memiliki layar yang beresolusi Full HD 15,6 inch berjenis IPS, di lengkapi dengan teknologi Nvidia G-Sync, membuat hasil output GTX 1080 berjalan sempurna. Meskipun tipis Zephyrus akan tetap kokoh dengan digunakannya bodi yang terbuat dari logam magnesium alloy, ditambah dengan brush finishing yang membuat Zephyrus terlihat lebih elegan dan premium.

Proses pendinginan juga tidak terhalangi oleh desain yang tipis, karena Asus sudah memberikan teknologi Active Aerodynamic System  dimana saat laptop dibuka, bagian bawah akan sedikit terangkat dan memberikan ekstra 20% sirkulasi udara, yang hasilnya mampu mengurangi 20% suhu dibandingkan dengan teknologi pendingin biasa.

Keyboard yang digunakan Zephyrus juga cukup unik karena posisinya sedikit ke bawah, ternyata ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pendinginan, walaupun bukan keyboard mekanik tetapi masih nyaman digunakan, fitur lain yang disematkan adalah LED-backlit RGB dan anti-ghosting.

Penyimpanan yang tersedia adalah SSD NVMe sebesar 1TB , lalu untuk port nya adalah 3x Port USB 3.0, 1 port USB Type-C/Thunderbolt, HDMI, dan Jack Audio, sedangkan konektivitas nirkabel nya tersedia WiFi dan Bluetooth.

Kisaran Harga Rp. 50.000.000



Produk terakhir yg akan kita bahas adalah laptop terbuas Asus yaitu GX800, dikatakan begitu karena secara tidak langsung desain GX800 terinspirasi dari pesawat tempur dan jeroan nya sudah menggunakan Intel Core i7 7820HK yaitu salah satu processor overclock generasi terbaru, serta 2 kartu grafis Nvidia GTX 1080, dan RAM super besar 64GB DDR4.

Layar yang digunakan sebesar 18,3 inci beresolusi 4K Ultra HD dan sudah memiliki teknologi Nvidia G-Sync. Setelah itu yang paling membedakan dari laptop gaming lainnya adalah pada liquid cooling yang khusus untuk GX800, liquid cooling tersebut terpisah dengan bodi laptop dan digunakan untuk overclocking extreme agar GX800 bisa mengeluarkan performa tertingginya, hebatnya lagi cooling ini tidak wajib dipasang jika tidak ingin menggunakannya.

Keyboard yang digunakan GX800 adalah jenis mechtag mechanical, keyboard mechanical yang dibuat sendiri oleh Asus sehingga lebih nyaman dari keyboard mechanical biasa. Terdapat LED-backlit yang memiliki warna berbeda di setiap tombol sehingga pengguna lebih leluasa mengganti-ganti warna keyboard nya.

Penyimpanan yang disediakan adalah 1.5TB NVMe SSD, dengan kapasitas yang besar dan sudah berjenis NVMe SSD, rasanya tidak ada yang bernama aplikasi berat jika dijalankan di GX800 ini. Port yang tersedia antara lain Jack Audio, Card Reader, 4x USB 3.0, 2x USB Type-C/Thunderbolt, LAN, Mini Display, HDMI, dan port Antena tambahan untuk memperkuat sinyal, untuk konektivitas nirkabel Wi-Fi dan Bluetooth.

Kisaran Harga Rp. 95.000.000



Itulah series ROG dan contoh produk-produknya, sekarang apakah cukup untuk mendapatkan alasan kenapa harus pilih ROG ? sepertinya tidak, maka dari itu sebelum membahas alasan kenapa harus pilih ROG, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui dengan jelas beberapa fitur dan spesifikasi unggulan yang sudah dibenamkan Asus pada laptop gamingnya. Berikut ini adalah penjelasan fitur dan spesifikasi dari daftar produk laptop ROG diatas.



Processor yang digunakan pada masing-masing produk Asus ROG yang sudah kita bahas adalah Intel Core i7 7700HQ, Intel Core i7 6820HK, dan Intel Core i7 7820HK(bisa di klik untuk detail processornya). Label HK pada nama processor mengidentifikasikan bahwa processor ini bisa di percepat lagi dari frekuensi standar(overclock).

Sekarang kita akan membahas gambar hasil bechmark diatas, terlihat pada hasil bechmark single thread dan all thread yang dilakukan JagatReview didapat hasil tertinggi ada pada ROG GX800 (i7 7820HK) yang sedang di extreme overclock, dan posisi kedua masih sama ROG GX800 (i7 7820HK) pada posisi optimized

Selanjutnya processor i7 6820HK Pada single thread hanya selisih 22 point lebih rendah dari frekuensi standar dari ROG GX800 (i7 7820HK), dan pada all thread hanya selisih 63 point lebih rendah dari frekuensi standar dari ROG GX800 (i7 7820HK). Berdasarkan bechmark diatas sepertinya i7 6820HK masih belum di overclock, jadi bisa dipastikan i7 6820HK pointnya akan bisa naik lebih jauh lagi.

Processor Intel Core i7 7700HQ sepertinya akan bersaing ketat dengan i7 6820HK yang belum di overclock, ini terlihat dari grafik bechmark yang menunjukkan i7 7700HQ unggul dari generasi sebelumnya i7 6700HQ dan pada grafik sebelahnya i7 6700HQ lebih rendah dari i7 6820HK. Sudah terbuktikan bahwa Asus membenamkan jajaran processor tertinggi intel untuk laptop ROGnya, yang performa nya tidak perlu diragukan lagi.


Resolusi
Resolusi layar adalah berapa besar kerapatan atau banyaknya pixel pada layar, untuk lebih mengerti coba lihat gambar dibawah ini (bentuk kotak adalah 1 pixel), pada gambar terlihat bahwa pixel yang lebih besar akan menciptakan gambar yang lebih halus dengan ukuran yang sama.
Untuk gaming dan desain gambar resolusi yang sudah nyaman digunakan adalah resolusi Full HD (1920x1080), untuk yang sangat nyaman lagi bisa menggunakan resolusi hingga 4K (3840 × 2160), lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.


Nvidia G-Sync
Nvidia G-Sync adalah teknologi layar terbaru dari Nvidia yang digunakan untuk mengatasi masalah tearing, stutter, dan lag pada game, berbeda dengan V-Sync, teknologi G-Sync menggunakan hardware khusus yang ditanamkan dilayar.

Mekanisme kerja G-Sync secara sederhana yaitu mengatur penyelarasan antara kinerja monitor dan graphic card sehingga gambar yang diproses oleh kartu grafis sesuai dengan kemampuan proses gambar di layar, hal ini agar hasil yang ditampilkan di layar berjalan mulus tanpa ada tearing, mengurangi stutter, dan mengurangi lag pada game.


Kartu Grafis
Semua Laptop Asus ROG terbaru sudah menggunakan kartu grafis Nvidia Geforce GTX 10 Series, GTX 10 Series dengan arsitektur terbaru pascal, yang mampu menawarkan performa kencang dengan konsumsi daya rendah. Pada generasi terbaru nya ini Nvidia tidak menggunakan lagi huruf "M" pada nama kartu grafis nya dengan ini bisa dipastikan bahwa performa kartu grafis notebook dan desktop akan setara.


Berikut ini adalah hasil bechmark pada beberapa kartu grafis Nvidia, yang digunakan produk-produk laptop yang kita sudah bahas diatas, hasil bechmark ini diambil dari situs teknologi jagatreview dan techspot.


GTX 1050 merupakan kartu grafis 10 series untuk entry level, tetapi dengan grafis ini kita sudah bisa memainkan game dengan nyaman di resolusi FullHD dan setting Very High.


GTX 1060 merupakan kartu grafis yang masih bisa dibilang kelas entry level, buktinya masing dipakai pada ROG GL502VM, tetapi dari grafik dibawah ini yang mencapai 100fps sudah lebih dari cukup untuk bermain game-game terbaru.


GTX 1070 juga mendapatkan fps rata-rata diatas 100.


Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya salah satu laptop ROG yang menggunakan GTX 1080 ada pada Asus ROG Zephyrus GX 501, dan sebaiknya jangan meremehkan laptop tipis dan keren ini, terlihat dari hasil bechmark GTX 1080 sudah mampu melibas game dengan rata-rata diatas 100 fps.


GTX 1080 yang sudah kita lihat performa nya diatas sudah membuat game yang dimainkan sudah berada diatas angin, apalagi ditingkatkan lagi menjadi GTX 1080 SLI, apa itu SLI? SLI adalah sebuah mekanisme menggabungkan performa dari beberapa kartu grafis yang sama menjadi satu, sehingga performa pemprosesan grafis meningkat secara signifikan. Pada laptop Asus ROG, Nvidia SLI terdapat pada laptop GXSeriesnya yaitu GX800.


Perlu di ketahui, bahwa pada grafik di atas mengambil sumber data berbeda dari uji grafik sebelumnya dan dengan resolusi yang lumayan ekstrim yaitu 4K atau 4 kali FULL HD, bisa dilihat bahwa Nvidia GTX 1080 SLI melibas semua game di resolusi 4K dengan rata-rata fps diatas 60, berarti saat ini tidak ada game yang bisa menghalangi performa kartu grafis GTX 1080 SLI.

*Catatan = Semua pengujian diatas adalah pengujian secara umum, bisa berbeda di masing-masing perangkat walaupun dengan kartu grafis atau spesifikasi sama.

Nvidia Max-Q
Nvidia baru saja mengeluarkan teknologi terbaru dalam pembuatan kartu grafisnya, teknologi itu diberi nama Max-Q. Desain Max-Q bisa membuat kartu grafis yang dulunya terlalu memakan ruang, bisa dibuat lebih kecil lagi. Dengan hadirnaya desain ini laptop gaming yang tipis bisa memungkinkan untuk dibuat, salah satu contohnya adalah Asus GX 501 Zephyrus yang baru di rilis oleh Asus.


RAM DDR4 
DDR4 adalah DRAM jenis terbaru saat ini sebagai penerus memori DRAM DDR3, jika disebut penerus tentu saja kecepatan dan frekuensi transfernya lebih baik daripada DDR3, kelebihan DDR4 lainnya adalah soal konsumsi daya yang lebih sedikit sehingga daya tahan baterai lebih lama, dan pastinya teknologi memori DDR4 ini sudah dibenamkan Asus pada laptop-laptop ROG nya saat ini.

SSD( Solid-State Drive
SSD merupakan penyimpanan generasi terbaru yang jauh lebih cepat dari HDD biasa, semua seri Asus Rog sudah menggunakan SSD, beberapa bahkan sudah menggunakan SSD berjenis NVMe yang di klaim 20 kali lebih cepat dari HDD biasa dan 5 kali lebih cepat dari SSD tanpa NVMe, bisa dilihat pada gambar dibawah ini kecepatannya SSD bisa mencapai 2GB per detik.
Dengan menggunakan penyimpanan SSD laptop ROG bisa booting kurang lebih hanya 5 detik, dan loading game dan aplikasi berat tidak perlu menunggu lama.


Agar tranfer data cepat dibutuhkan sambungan yang baik, pada laptop Asus ROG sudah disediakan beberapa konektivitas terbaru yang tranfers datanya tercepat saat ini. Berikut ini adalah konektivitas unggulan dari Asus untuk para pengguna Asus ROG.

USB 3.0
USB( Universal Serial Bus) 3.0 adalah penerus dari USB 2.0 yang memiliki kecepatan hingga  4.8Gpbs(480MB/s), semua laptop Asus ROG sudah menggunakan teknologi USB 3.0. USB 3.0 juga masih mendukung USB 2.0, jadi jika pengguna masih menggunakan device yang hanya support 2.0, pengguna tidak harus membeli yang baru, tetapi dengan catatan kecepatan tranfers menggunakan kecepatan standar USB 2.0 bukan 3.0.

USB Type-C
USB Type-C adalah generasi USB yang lebih baru lagi dari 3.0, memiliki kecepatan tranfers hingga 10Gbps/s (1GB/s). Selain kecepatan kelebihan USB Type-C ada pada desainnya yang anti terbalik dan lebih kecil dari USB 2.0 dan 3.0, jadi banyak perusahan teknologi yang sudah mengadopsi teknologi ini untuk membuat perangkat yang lebih ramping.

Thunderbolt 3.0
Merupakan teknologi tranfers data dari processor intel yang mulai diperkenalkan pada tahun 2016 lalu, bentuk standar port thunderbolt sama dengan USB Type-C hal yang membedakannya adalah lambang pada port dan mempunyai jenis kabel berbeda. Kecepatan tranfers thunderbolt 3 sangat cepat mencapai 40Gbps (4GB/s), sangat cocok untuk digunakan pada perangkat yang membutuhkan tranfer data tinggi, seperti SSD, jalur display monitor, dan lainnya.


Dari penjelasan spesifikasi diatas kita menjadi semakin mengetahui bahwa Asus ROG memang ditunjukkan bagi pengguna komputer kelas berat, selain 5 produk laptop ROG  diatas masih banyak lagi laptop unggulan, dan produk gaming lainnya yang sudah di buat oleh Asus, silahkan berkunjung ke website resmi Republic of Gamers untuk melihat produk gaming lainnya.

Sekarang saatnya membahas kenapa harus memilih Asus ROG untuk kebutuhan gaming, desain grafis berat,  atau kebutuhan lainnya yang membutuhkan performa laptop yang kencang. Berikut ini adalah 6 alasan kenapa pilih ROG sehingga gamers maupun desainer harus memilih nya.


Desain atau penampilan luar merupakan sesuatu yang menunjukkan sebuah karakter, semua seri Asus ROG sudah memiliki desain yang inovatif dan keren pada masing-masing model nya, walaupun hanya melihat logo nya orang-orang pasti sudah mengetahui bahwa laptop ROG adalah laptop yang premium dan memiliki performa diatas rata-rata.


Semua layar Asus ROG sudah menggunakan panel wide-view , membuat warna di layar tetap bisa dilihat pada sudut yang ekstrim sekalipun. Keakuratan warnanya juga sudah diatas 90%, sangat nyaman untuk bermain game, sedangkan untuk kebutuhan desain, desainer bisa menggabungkan warna yang banyak dengan lebih leluasa, hasil cetak pun akan lebih akurat.

Asus ROG juga menyediakan resolusi yang nyaman dari Full HD sampai 4K, kerapatan pixel yang tinggi akan membuat gambar akan terlihat lebih halus, selain itu beberapa model ROG sudah menggunakan Nvidia G-Sync yang siap meminimalisir masalah tearing, stutter, dan lag pada game.


Performa dari Asus ROG tidak perlu diragukan lagi, dari GLSeries sampai GXSeries sudah mampu menunjukkan taringnya pada segmen kelas nya masing-masing, terlihat dari pengujian komponen yang digunakan Asus ROG yang sudah dibahas diatas, semua menggunakan komponen yang berkualitas contohnya hampir semua seri sudah menggunakan intel Core i7 generasi terbaru dan Nvidia GTX 10 Series yang juga merupakan generasi kartu grafis terbaru.

Kehebatan kartu grafis dan processor nya di imbangi dengan RAM DDR4 dan SSD untuk tukar-menukar data, ini berimbas pada saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan loading, akan terasa lebih cepat, sehingga tidak ada yang namanya loading lama pada jajaran laptop Asus ROG.


Keyboard laptop ROG selain didesain Asus untuk membuat nyaman pengguna, juga mempunyai LED-backlit baik itu warna merah ataupun warna-warni, sangat membantu saat berada diruangan yang minim cahaya, di tipe GX800 bahkan sudah mempunyai mechanical keyboard yang merupakan keyboard paling nyaman saat ini.


Berbeda seperti brand laptop gaming lainnya, Asus selalu yang berani berinovasi dengan produk-produknya, tak terkecuali pada laptop gaming besutan nya. Contohnya saja ROG GX501 Zephyrus yang merupakan laptop gaming tertipis dengan Nvidia GTX 1080, lalu ROG GX 800 laptop yang mempunyai watercooling yang baru saja memenangkan penghargaan Best of Innovation di ajang bergengsi CES 2017.


Asus ROG sudah menjalani berbagai pengujian, antara lain pengujian guncangan, pengujian jatuh, pengujian penekanan keyboard, dan masih banyak lagi. Sebagai pembuktian bahwa semua yang telah disebutkan diatas bukan omong kosong Asus menambahkan jaminan garansi sampai 2 tahun, jika terjadi masalah pada Asus ROG yang dimiliki bisa langsung ke service center Asus terdekat.


Dari semua yang sudah di bahas diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa Asus sudah membuat produk-produk terbaik nya untuk konsumen. Walaupun harganya lumayan mahal, ini merupakan hal yang wajar, karena semua laptop Asus ROG sudah siap tempur pada semua lini yang membutuhkan komputasi tinggi baik itu game, desain grafis, render video, render 3D, dan lainnya.

Bukan performa saja, tetapi desain juga diperhatikan Asus semaksimal mungkin, contohnya Zephyrus dengan bodi tipisnya, GX800 dengan watercooling nya, dan bahkan pada GLSeries seperti GL553VD yang sudah menggunakan desain keren  dengan keyboard RGB.


After sales Asus ROG juga sangat bagus dengan diberikannya garansi 2 tahun untuk setiap pembelian laptop ROG, dengan begitu jika ditemukan cacat produk yang tidak dinginkan langsung bisa klaim garansi. Sekarang tinggal pembeli yang menyesuaikan dengan budget yang tersedia, ada banyak pilihan dari GLSeries yang termurah dan seri GXSeries yang paling mahal.

Dengan berakhirnya kesimpulan ini, berakhir juga artikel "Alasan Kenapa Harus Asus ROG ?", sekarang tinggal pembeli yang memastikan ROG model apa yang harus dipilih, disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan yang di inginkan ya. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Gambar dan tulisan di olah dari : asus.com, nvidia.com, jagatreview.com, techspot.com, pixabay.com, murdockcruz.com, youtube.com(Gaptechid, droidlime, Nerd Reviewid, ....dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai dengan isi artikel, no iklan.